Home / Berita / Universitas

Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:01 WIB

Majelis DIKTI Litbang Dorong Prodi Unismuh Palu Unggul

Majelis DIKTI Litbang PP Muhammadiyah mendorong Universitas Muhammadiyah (UnismuhPalu agar segera memiliki program studi  satu atau dua yang terakreditasi unggul.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr.H. Nuryakin, S.E.,M.M saat membuka rapat kerja Unismuh Palu Tahun 2024 yang dilaksanakan selama dua hari Selasa-Rabu (13-14 Agustus 2024) di Aula Rektorat Unismuh Palu.

Katanya, saat ini Unismuh Palu telah terakreditasi Baik Sekali, dan itu tidak mungkin bisa naik ke Unggul jika belum memiliki program studi yang terakreditasi Unggul. Olehnya harus segera memiliki program studi yang terakreditasi Unggul sebagai syarat agar institusi Unismuh Palu bisa ke akreditasi Unggul.

Jika itu terjadi, maka kampus ini tidak perlu bekerja keras mencari mahasiswa, karena mahasiswa sendiri yang akan datang ke kampus ini. “Kalau sudah unggul, rejeki itu akan datang sendiri, mahasiswa akan datang sendiri ke kampus ini,”sebut Nuryakin.

Apalagi katanya, jika Unggul maka kampus ini bisa membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), dapat dibuka di manapun termasuk di Polewali Mandar Sulawesi Barat.

Saat ini dari 171 perguruan tinggi yang dimiliki Muhammadiyah di seluruh Indonesia, tercatat 10 diantaranya telah meraih akreditasi Unggul dari BAN PT. Saat ini lima perguruan tinggi lagi menyusul dan tengah berproses menuju Unggul.

Lebih lanjut kata Nuryakin, berdasarkan pengamatannya setelah tiga kali datang di kampus ini, kurun waktu tiga tahun terakhir, kampus biru Unismuh Palu mengalami perkembangan yang luar biasa, dari sebelumnya orang bebas keluar masuk ke kampus ini karena tidak memiliki pagar keliling. Kini tampak terlihat atmosfir akademik, kampus telah dikelilingi pagar dan memiliki gerbang dan gapura.  

Melalui raker tersebut, ia berharap civitas akademika Unismuh Palu bisa menghasilkan rencana kerja yang dapat mendorong pencapaian visi Universitas Muhammadiyah Palu yakni Unggul dan Islami di tahun 2025, sebab kalau tidak tercapai, berarti visi tersebut hanya sekadar tulisan saja.

Di tempat yang sama, Ketua Pembina Harian (PBH) Unismuh Palu, Muh Amin Parakkasi, S.Ag, M.H.i mengingatkan kepada peserta raker, jika raker kali ini adalah raker terakhir sebelum visi Unismuh Palu berakhir di tahun 2025 yakni unggul dan Islami.

Katanya, saatnya mengevaluasi sejauh mana visi itu dijalankan atau sejauh mana capaiannya. Namun disisi lain masih ada waktu satu tahun untuk mengejar ketertinggalan. “Jika merasa masih bisa dikejar tentu lebih baik lagi. Tapi jika tidak mampu revisi itu visi,”sebutnya.

Sumber:https://sultengraya.com/read/179768/majelis-dikti-litbang-dorong-prodi-unismuh-palu-unggul

Share :

Baca Juga

Berita

Muhammad Amin Parakkasi Pimpin PW Muhammadiyah Sulteng

Berita

Pengurus Masjid Unismuh Palu Umumkan Terima Penyaluran Daging Kurban

Berita

Unismuh Palu Menggelar Workshop Inovatif untuk Meningkatkan Score SINTA Dosen dan Jurnal Terakreditasi SINTA

Berita

Walikota Palu Palu, Ajak Civitas Unismuh Jaga dan Merawat Kearifan Lokal

Berita

Prodi Bisnis Digital Jawab Tantangan di Masa Depan

Berita

Unismuh Wacanakan Pendidikan Anti Korupsi Masuk Kurikulum

Berita

Unismuh Palu Peringati Milad ke-40 dengan Olahraga Tradisional

Berita

Permudah Akses Informasi, PPTIJ Unismuh Buat Aplikasi myUMPalu