Home / Berita

Jumat, 28 Oktober 2022 - 20:36 WIB

Permudah Akses Informasi, PPTIJ Unismuh Buat Aplikasi myUMPalu

Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Jurnal (PPTIJ) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, membuat satu Aplikasi sebagai wadah pusat informasi kampus biru yang dapat diakses oleh dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, maupun masyarakat umum dalam bentuk Aplikasi yang dinamai  myUMPalu.

Aplikasi tersebut dapat diakses di Play Store untuk Androit, sementara untuk Apple saat ini masih dalam proses pembuatan.

Wakil Rektor II Unismuh Palu, Burhanuddin, SE,. MM mengatakan ini adalah sebuah wadah informasi bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang kampus biru. “Hanya satu aplikasi, terinstal semua, sudah ada data Unismuh Palu di dalamnya,”sebut Warek II, Kamis (27/10/2022).

Burhanuddin berharap, melalui Aplikasi itu dapat mengobati keingintahuan masyarakat terkait kampus biru Unismuh Palu, tanpa harus membuka lagi website, yang selama ini digunakan sebagai sumber informasi kampus ini.

Sebab ini lebih memudahkan, cukup menggunakan Smart Phone dan mendownload Aplikasi myUMPalu, maka segala informasi terkait kampus ini bisa diakses.

Ketua Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Jurnal (PPTIJ) Unismuh Palu Dr. Ahmad Yani, S.K.M menguraikan, bahwa sejak diberi amanah sebagai Ketua Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Jurnal, dan melakukan penandatanganan Pakta Integritas, telah berpikir harus melakukan hal yang baru yang tidak perna dimiliki dari sebelumnya.

Maka disumbangkanlah ide dan inovasi serta membuat aplikasi yang bisa digunakan oleh siapapun baik itu dosen, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang ingin mencari tau terkait informasi kampus biru Unismuh Palu.

Aplikasi itu, dibuat kurang lebih satu bulan mulai dari merancang hingga selesai, serta selama pembuatan selalu berkomunikasi dengan Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek I) Sudirman, S.KM., M.Kes meminta masukan terkait kebutuhan apa saja yang diperlukan dan perlu dimasukan ke dalam Aplikasi itu.

“Atas diskusi dan masukan dan saran itu, maka lahirlah Aplikasi ini,”sebut Ahmad Yani.

Dimana di dalam Aplikasi itu memperlihatkan jumlah program Studi S1, Program Studi S2, jumlah fakultas, jumlah mahasiswa yang aktif. Selain menampilkan informasi itu, juga ada layanan sistem terintegrasi meliputi Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB), sistem Informasi akademik (Simak), termasuk SINTA baik yang terintegrasi dengan Unismuh Palu maupun yang terintegrasi dengan Kemendikbud.

Siter Kemendikbud, e-Lerning SPADA, PDDikti Unismuh Palu, e-Library (Perpustakaan Online), Webmail Unismuh Palu, e-Journals, Arjuna, Tracer Study, BIMA, Garuda UM Palu, Simkatmawa, dan Kampus Merdeka.

Selain  itu, ada juga Form Pengaduan Online untuk pengembangan kampus, berupa saran-saran secara tertulis untuk diberikan ke pengelolah kampus, dan dipastikan identitas penulis akan dirahasiakan.

Di aplikasi tersebut juga ada layanan WhatsApp yang langsung kepada panitia penerimaan maba. “Aplikasi ini sangat memudahkan bagi pengguna, cukup menggunakan satu aplikasi, semua yang dibutuhkan sudah bisa mereka dapatkan, karena terkumpul dalam satu platform, sehingga pengguna tidak perlu mencari kemana-mana lagi. Cukup download aplikasi itu, sudah mencakup semua di dalamnya,”jelas Ahmad Yani.

Terkait nama Aplikasi yang dinamai myUMPalu, agar pengguna Aplikasi bisa merasa memiliki kampus biru Unismuh Palu. “Biar merasa memiliki Unismuh Palu serta merasa menjadi bagian dari Unismun Palu,”sebutnya.

Sumber:https://sultengraya.com/read/144362/permudah-akses-informasi-pptij-unismuh-buat-aplikasi-myumpalu/

Share :

Baca Juga

Berita

Dukung Program Penurunan Stunting, Unismuh Palu Turunkan Peserta KKN Tematik Stunting

Berita

Burhanudin Raih Predikat Sangat Memuaskan dalam Ujian Promosi Doktor, Kini Bertambah Lagi Doktor di Lingkungan Unismuh Palu

Berita

Kualitas Dosen Kunci Utama Mensukseskan MBKM

Berita

Rektor Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kampus Unismuh Palu

Berita

Tiga Wakil Rektor Unismuh Palu Dilantik

Berita

SEMINAR KESEHATAN MENGENAL, DETEKSI DINI DAN TATALAKSANA VIRUS CORONA (COVID 19)

Berita

Hadapi Bonus Demokrafi, Mahasiswa Unismuh Diasah Kewirausahaan

Berita

Prof Rajindra Dorong Pemuda Tumbuhkan Semangat Berkolaborasi