Home / Berita

Senin, 1 Agustus 2022 - 11:51 WIB

Prodi Bisnis Digital Jawab Tantangan di Masa Depan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu telah memiliki Program Studi (Prodi) baru, yakni Bisnis Digital.

Prodi Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Ilmu yang akan diperoleh di jurusan ini merupakan perpaduan dari bidang ilmu manajemen, bisnis, sistem informasi, hingga teknik informatika.

Secara umum, prodi ini ditujukan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Prodi dan jurusan ini masih terbilang sangat langka. Baru sedikit kampus di Indonesia yang menawarkan Program Studi Bisnis Digital, Untuk di Sulawesi Tengah baru dua kampus yang menawarkan prodi ini, yakni Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu dan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk.

Dimana lulusannya bisa secara mandiri bertindak sebagai pengusaha dibidang digital, praktisi IT digital diberbagai perusahaan baik nasional maupun multi internasional, disamping itu karena sifatnya menggabungkan antara pendidikan akademik dengan pendidikan vokasi, maka lulusannya bisa pertindak sebagai peneliti dibidang digital.

Proses pelaksanaannya menggunakan kurikulum merdeka belajar, kampus merdeka (MBKM), sehingga proses perkuliahan kelas mahasiswanya hanya lima semester, selebihnya semester enam, tujuh, dan delapan sudah berada di lapangan mengablikasikan ilmunya membuat aplikasi-aplikasi yang bisa diserap didunia pasar. “Prospek karier lulusannya dapat dibilang sangat cemerlang dan sangat relevan dengan situasi ekonomi saat ini,”sebut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Palu, Dr. Farid, SE., MM., Kamis (28/7/2022).

Saat ini kata dekan, prodi baru itu tengah menerima mahasiswa baru, ini adalah prodi pilihan bagi calon mahasiswa yang berorentasi ingin hidup lebih baik di masa akan datang, dimana perkembangan industri digital yang sangat pesat.

Terlebih perkuliahannya juga sangat fleksibel, karena selain menerima mahasiswa regular, juga menerima mahasiswa non regular (pekerja). Tenaga pengajarnya telah berkualifikasi magister ilmu-ilmu komputer, ditambah dengan mereka yang berkompeten di bidang bisnis dan menejemen. “Ini adalah prodi yang bisa menjawab tantangan di masa akan datang, dimana perkembangan industri digital yang sangat pesat membutuhkan SDM-SDM yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace,”jelas dekan.

Sumber:https://sultengraya.com/read/137510/prodi-bisnis-digital-jawab-tantangan-di-masa-depan/

Share :

Baca Juga

Berita

Mahasiswi Unismuh Palu Keluhkan Kuliah Online

Berita

Unismuh Kembali Berlakukan Pembatasan Aktifitas di Dalam Kampus

Berita

Lima Fakultas dan Satu Pacasarjana di Unismuh Palu Bakal Pilih Pimpinan Baru

Berita

MDMC Bersama Unismuh Palu Percepat Pembangunan RS PKU Muhammadiyah

Berita

Rektor Ingin Kampus Unismuh Palu Bebas Asap Rokok

Berita

Unismuh Palu Terbanyak Loloskan Peserta Seminar Hasil Penelitian Dosen Pemula 2019

Berita

Unismuh Palu Buka Penerimaan Maba Tahun Akademik 2022/2023

Berita

Unismuh Palu Dorong HAK PATEN Hasil Ciptaan atau Temuan Dosen