Home / Berita / Universitas

Senin, 29 Juli 2024 - 13:00 WIB

Dinas Kesehatan Kota Palu Jalin Kemitraan dengan Unismuh Palu

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM menandatangani MoU disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Rochmat Jasin, di Aula Rektorat Unismuh Palu pada Sabtu (20/7/2024). Foto: Humas

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM menandatangani MoU disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Rochmat Jasin, di Aula Rektorat Unismuh Palu pada Sabtu (20/7/2024). Foto: Humas

Dinas Kesehatan Kota Palu menjalin kemitraan dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, yang melibatkan Fakultas Kesehatan Masyarakat S1, Prodi Kesehatan Masyarakat S2, dan Fakultas Kedokteran. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini berlangsung di Aula Rektorat Unismuh Palu pada Sabtu (20/7/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Rochmat Jasin dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) di Unismuh Palu Nur Afni, SKM., M.Kes, hadir untuk menandatangani MoU tersebut. Sementara untuk Fakultas Kedokteran, penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM, karena saat ini fakultas tersebut belum memiliki pimpinan.

Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unismuh Palu, Dr. Budiman, S.Pd., M.Kes, menjelaskan bahwa kemitraan ini mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Khusus untuk FKM, ini adalah pembaruan kerjasama, dimana MoU sebelumnya telah berakhir sehingga perlu dilakukan pembaruan kembali,” sebut Dr. Budiman.

MoU dengan FKM berlaku selama 5 tahun, sedangkan untuk Fakultas Kedokteran berlaku selama 10 tahun.

Dr. Budiman juga menyampaikan bahwa kerjasama ini akan mencakup berbagai aspek, termasuk pendidikan dan penelitian. Mahasiswa FKM akan memiliki kesempatan untuk melaksanakan magang di semua puskesmas yang berada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Palu. Selain itu, saat FKM atau mahasiswanya membutuhkan data untuk mendukung penelitian, Dinas Kesehatan Kota Palu siap memberikan akses. “Pihak Dinas Kesehatan Kota Palu juga bersedia menjadi pemateri saat FKM membutuhkan,” tambah Dr. Budiman.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan di Kota Palu serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, dr. Rochmat Jasin menyatakan bahwa kemitraan ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang kesehatan serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Kerjasama ini akan memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi mahasiswa dan dosen di Unismuh Palu, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Kota Palu,” ujarnya.

Detail Kerjasama dan Implementasinya

Kerjasama ini meliputi berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan. Salah satu program utama adalah penyediaan tempat magang bagi mahasiswa FKM di berbagai puskesmas di Kota Palu. Program magang ini diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Selain itu, kerjasama ini juga mencakup penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa Unismuh Palu dengan staf Dinas Kesehatan Kota Palu. Penelitian ini akan difokuskan pada berbagai isu kesehatan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, seperti penanganan penyakit menular, kesehatan ibu dan anak, serta promosi kesehatan.

“Dengan adanya penelitian bersama, kita berharap dapat menemukan solusi yang lebih efektif untuk berbagai masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat Kota Palu, kami juga berharap hasil penelitian ini dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih luas bagi perkembangan ilmu kesehatan,”ujar Budiman.

Dengan adanya MoU ini, kedua belah pihak berharap dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan.

“Ini adalah langkah awal dari perjalanan panjang yang penuh dengan peluang dan tantangan, kami optimis bahwa dengan kerja keras dan komitmen yang tinggi, kita dapat mencapai tujuan-tujuan besar yang telah kita tetapkan,” kata dr. Rochmat Jasin.

Prof. Dr. H. Rajindra juga menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang berkelanjutan. “Kami berharap kerjasama ini tidak hanya berhenti pada penandatanganan MoU, tetapi juga diimplementasikan dengan baik dan memberikan hasil yang nyata bagi semua pihak,” ujarnya.

Sumber:https://sultengraya.com/read/178767/dinas-kesehatan-kota-palu-jalin-kemitraan-dengan-unismuh-palu/

Share :

Baca Juga

Berita

LPPM Unismuh Palu Mulai Monev Peserta KKN Angkatan 65

Berita

Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Divisitasi, Optimis Naik ke B

Berita

Unismuh Palu Gelar Expo Kewirausahaan Inovasi Finansial dan Bisnis Berbasis Digital

Berita

Rektor Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kampus Unismuh Palu

Berita

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh Palu Susun BKP dan RPS Lewat FGD

Berita

Pascasarjana Unismuh Palu Gelar Seminar Internasional AI

Berita

Tiga Mahasiswa Unismuh Palu Lolos Pertukaran Mahasiswa

Berita

FKM Unismuh Palu Raih Akreditasi “Baik Sekali”