Home / Berita / Universitas

Jumat, 2 Juni 2023 - 17:39 WIB

Prof Rajindra: Nilai Pancasila Harus Diaktualisasikan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu diminta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui media, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Karena di tengah menjamurnya penggunaan patform media sosial saat ini, banyak kaum muda yang cenderung membuat, menerima dan menyebar konten-konten yang menyebar kebencian. Bahkan, pemuda menjadi sasaran empuk paham-paham radikal melalui media.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM sekaitan dengan Peringatakan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

Katanya, generasi milenial dan z saat ini sangat melek terhadap perkembangan teknologi. Namun demikian, perlu diingatkan agar bisa menjaga nilai-nilai Pancasila. Di ruang fisik ada norma dan tata cara sebagai konsensus dalam berbangsa. Namun di ruang digital, seseorang berada dalam kebebebasan tanpa batas, kerap tidak ada norma-norma yang dipatuhi sebagai konsensus berbangsa dan bernegara.

Sehingga di era digitalisasi saat ini, konten-konten yang ditampilkan tidak lagi memperhatikan kedalaman isi, tetapi lebih pada aspek kecepatan menyajikan konten, tanpa peduli aspek etis dan nilai-nilai.  Pada satu sisi sebagai keuntungan, tetapi di sisi yang lain, menjadi era kebohongan.

Tidak heran kata Guru Besar Unismuh Palu ini, di era digitalisasi saat ini, kerap kali orang mengalami kehilangan kemanusiaannya. Seharusnya, medsos bukan sebagai alat provokasi, menghancurkan karakter atau alat kampanye negatif. Tetapi menjadi sarana memajukan bangsa, seperti bisnis, iptek, menambah informasi dan wawasan.

“Oleh karena itu, saya berharap melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, 1 Juni. Para mahasiswa sebagai  generasi milenial dan z dan kita semua warga negara Indonesia dapat merawat nilai luhur Pancasila, yang mana didalamnya terdapat 5 (lima) nilai universal dasar yakni  Ketuhanan, Kemanusiaan, Kebhinekaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial,”sebut Prof Rajindra, Kamis (1/6/2023).

Saat ini katanya masih banyak generasi muda yang masih mencari jati diri, sehingga mudah disusupi pikiran-pikiran intoleran bahkan radikal. Untuk itu, Prof Rajindra mengajak, agar para generasi milenial dan z bisa menabur kasih dalam setiap aspek kehidupan, agar tidak mudah saling menuduh, dan menghakimi.

Sumber:https://sultengraya.com/read/154339/prof-rajindra-nilai-pancasila-harus-diaktualisasikan-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Share :

Baca Juga

Berita

Rektor Dorong Jiwa Entrepreneur Mahasiswa, Solusi Atasi Pengangguran

Berita

Sekjen Kwarnas Melantik Pengurus Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulteng massa bakti 2023-2027

Berita

Unismuh Palu lepas Mahasiswa KKN Mas 2023 ke Bangka Belitung

Berita

Tujuh Balon Rektor Unismuh Palu, Telah Dipanggil ke PW Muhammadiyah

Berita

Koorkom IMM Unismuh Palu Minta Rektor Keluarkan Peraturan Wajibkan Mahasiswa DAD

Berita

Unismuh Palu Laksanakan Salat Idul Adha, Rabu 28 Juni 2023

Berita

Samsu A Sahibo, Doktor Ke-39 yang Dimiliki Unismuh Palu

Berita

Memperkuat Kaloborasi Pendidikan Kesepakatan MOU Unismuh Palu dan Universitas Tarumanagara