Home / Berita / Universitas

Selasa, 27 Juni 2023 - 19:23 WIB

Unismuh Palu Laksanakan Salat Idul Adha, Rabu 28 Juni 2023

Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, akan melaksanakan Salat Idul Adha 1444 H di halaman Gedung Rektorat Unismuh Palu, Rabu 28 Juni 2023.

Setelah sebelumnya Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu Kliwon, 28 Juni 2023.

Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah, tertuang dalam maklumat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditanda tangani oleh Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir pada 21 Januari 2023 lalu di Yogyakarta tentang penetapan hasil hisab ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444H.

“Insyah Allah, Civitas Akademika, Pegawai dan Pengurus Muhammadiyah yang ada di Kota Palu akan bersama-sama menggelar pelaksanaan Salat Idul Adha 1444 H  bertempat di halaman  Kampus  Universitas  Muhammadiyah Palu,”sebut Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM., Ahad (25/6/2023).

Meskipun katanya, ada perbedaan dari penetapan Hasil Sidang Isbat penentuan awal bulan Zulhijah 1444 H yang disampaikan oleh Kementerian Agama, dimana  Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1444 H  jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 M.

Perbedaan seperti itu kata Prof Rajindra bagian dari dinamika perjalanan ummat di negara ini, perbedaan seperti itu tidak menjadikan perpecahan melainkan menunjukan betapa kayanya pemikiran bangsa ini, sehingga patut tetap dijaga dan menjungjung  tinggi nilai-nilai toleransi.

“Meskipun ada perbedaan, dimana sebagian saudara-saudara kita akan melaksanakan Salat Idul Adha sehari setelah kami, tepatnya Kamis, 29 Juli 2023, itu tidak mengurangi esensi dari ibadah itu, tetap menunjung tinggi nilai-nilai toleransi,”ucap prof Rajindra.

Usai pelaksanaan Salat Idul Adha kata Prof Rajindra, sebagaimana tradisi kampus biru akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, yang akan dilaksanakan oleh panitia kurban bekerjasama dengan pengurus Masjid Ulil Albab Unismuh Palu.“Terkait pelaksanaanya itu ada panitianya, bekerjasama dengan pengurus Masjid Ulil Albab Unismuh Palu,” sebut rektor.

Rektor juga menganjurkan agar civitas akademika dan pegawai kampus ini melaksanakan puasa  Arafah, yakni salah satu amalan sunnah yang mampu menghapus dosa-dosa umat Islam selama dua tahun. Meliputi satu tahun sebelum dan setahun yang akan datang.

Puasa ini dilakukan pada tanggal 9 Zulhijjah dalam penanggalan hijriah. Puasa ini dilaksanakan bertepatan dengan para jamaah haji saat sedang menjalankan wukuf di Padang Arafah, tepatnya Selasa, 27 Juni 2023.

Sumber:https://sultengraya.com/read/155584/unismuh-palu-laksanakan-salat-idul-adha-rabu-28-juni-2023/

Share :

Baca Juga

Berita

Rektor Lantik Kepala LPM Unismuh Baru

Berita

Tim Safari Ramadhan Unismuh Palu Masuk Sigi

Berita

PWI Sulawesi Tengah Gencar Bangun Sinergi dengan Perguruan Tinggi, Kunjungi Unismuh Palu

Berita

Dalam Sistem Bernegara, Prof Haedar Minta Kader Jangan Punya Pandangan lain Di Luar Pancasila

Berita

Wakil Ketua Majelis Diklitbang: Dosen PTMA Harus Kedepankan Akhlak

Berita

Dua BEM Fakultas di Unismuh Palu Seminar Akhir PHP2D Tahun 2021

Berita

LPPM Unismuh Palu Target Satu Prodi, Satu Proposal Bima

Berita

Unismuh Palu Gelar Expo Kewirausahaan Inovasi Finansial dan Bisnis Berbasis Digital