Home / Berita / Universitas

Senin, 17 April 2023 - 21:07 WIB

UNISMUH PALU , Satu-Satunya PT di Sulteng Lolos Proposal Penelitian MF-Kedaireka

Dr. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku Ketua Tim Pengusul (kedua dari kanan) melakukan salam Pertanian bersama dengan rekan-rekannya. Foto: IST

Dr. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku Ketua Tim Pengusul (kedua dari kanan) melakukan salam Pertanian bersama dengan rekan-rekannya. Foto: IST

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) di Sulawesi Tengah sekaligus menjadi salah satu dari 16 Perguruan Tinggi di Pulau Sulawesi serta 25 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia Bagian Timur yang maju ke Tahap Verifikasi Kelayakan (VK) Proposal Lengkap dan RAB.

Setelah melalui beberapa tahapan evaluasi yaitu Evaluasi Administratif,  Evaluasi Kelayakan Proposal Awal (Pitching), Evaluasi Administratif Proposal Lengkap, Evaluasi Proposal Lengkap, maka Universitas Muhammadiyah Palu sampai pada tahap akhir dari rangkaian tahapan mekanisme seleksi Proposal Penelitian Matching Fund (MF)-Kedaireka.

Dosen Unismuh Palu yang terlibat dalam program ini masing-masing Dr. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku ketua Tim Pengusul dan Dr. Patta Dua, S.E., M.P, dan Ir. Haeruddin, M.P masing-masing sebagai anggota.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM mengucapkan selamat kepada ketiganya yang telah berhasil lolos proposalnya, dengan harapan membawa hasil yang sesuai dengan tujuan dari program tersebut.

MF-Kedaireka sendiri adalah untuk menjembatani dan mendorong terjadinya sinergi yang optimal antara perguruan tinggi dan pihak mitra, bisa Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Pemerintah, atau Lembaga Swadaya Masyarakat.

Program MF-Kedaireka Tahun 2023 merupakan dana padanan dari Pemerintah terhadap dana dan/atau sumber daya yang telah disediakan oleh pihak mitra untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Platform Kedaireka yang menjadi wadah kemitraan (kolaborasi) itu bertujuan untuk membuka wadah kolaborasi agar proses invensi, inovasi, dapat bergerak lebih cepat ke sebuah produk yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. Ketimpangan dalam penyesuaian terhadap perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia.

Berbagai disiplin ilmu yang dimiliki Insan Perguruan Tinggi harus mampu membuka kesempatan setara untuk memperlancar proses difusi teknologi dalam meningkatkan produktivitas dengan proses kolaborasi lintas-sektor.

“Kedaireka sebagai wadah kolaborasi diharapkan mendorong terbentuknya ekosistem tersebut, yaitu iklim inovasi dengan sinergi yang inklusif antara unsur pemerintah, kampus, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), dan media (penta-helix),”jelas Prof. Rajindra, Kamis (13/4/2023).

Dr. Sri Jumiyati, mengatakan, program pendanaan Dana Padanan MF-Kedaireka berfokus untuk mewujudkan hasil kolaborasi inovatif melalui platform Kedaireka. Dimana Perguruan Tinggi dengan Mitra bekerja sama untuk meningkatkan manfaat dan relevansi sekaligus menyesuaikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Perguruan Tinggi dengan kebutuhan Mitra dan masyarakat.

Kunci keberhasilan program ini kata Sri Jumiyati adalah terbangunnya kepercayaan antara dua insan tersebut, yaitu Insan Perguruan Tinggi dan Mitra. “Melalui MF-Kedaireka, Perguruan Tinggi diakselerasi sebagai pusat inovasi bangsa dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka untuk mencapai 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri dan LLDikti,”sebut Sri Jumiyati.

DESKRIPSI KEGIATAN

Universitas Muhammadiyah Palu dan Universitas Tadulako selaku Tim pengusul dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah selaku Mitra program MF-Kedaireka tahun 2023 diundang oleh Kemedikbud Ristekdikti untuk mengikuti kegiatan Verifikasi Kelayakan Program dan Anggaran  Program MF-Kedaireka Tahun 2023 Batch I  berdasarkan Surat Undangan dengan No. 2084/E1/KS.03.00/2023. Kegiatan VK dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu, 18 – 19 Maret 2023 pukul : 08.00 WITA s.d. selesai bertempat di Hotel Four Points by Sheraton Jl. Andi Djemma No.130, Banta-Bantaeng, Makassar, Sulawesi Selatan.

Tim Pengusul dari Universitas Muhammadiyah Palu diwakili oleh Dr. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku ketua Tim Pengusul dan Rukhayati, S.E., M.M dari Unit Pengelola Program MF-Kedaireka LPPM Universitas Muhammadiyah Palu. Turut diundang pada acara tersebut Tim Mitra dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Ir. Arif S. Asikin, M.P (Sekretaris Dinas TPH Provinsi Sulawesi Tengah) dan Abd. Gafur W.L., S.P (Tim RAB Mitra).

Baca Juga :   Unismuh Palu, Jadwalkan Salat Id di Kampus Tanggal 21 April 2023

Proses VK diawali dengan presentasi Proposal MF-Kedaireka yang berjudul Pengembangan Teknologi Budidaya dan Pengolahan Produk Pangan Berbasis Pertanian Cerdas Iklim dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan di Provinsi Sulawesi Tengah oleh Dr. Sri Jumiyati, S.P., M.Si selaku ketua tim pengusul.

Disampaikan juga bahwa  proposal MF-Kedaireka sebagai bentuk kerjasama atau kolaborasi dengan Universitas Tadulako Palu yang merupakah hasil dari kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sekaligus sebagai tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palu dan Universitas Tadulako Palu dengan Mitra (Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan terpisah, tim verifikator mewawancarai perwakilan unit pengelola/LPPM MF-Kedaireka Universitas Muhammadiyah Palu tentang rencana pengelolaan dana MF-Kedaireka, Monitoring dan Evaluasi (Monev), Diseminasi Program dan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang terkait dengan Pertanian Cerdas Iklim.

Unit pengelola MF-Kedaireka Universitas Muhammadiyah Palu diharapkan dapat mempersiapkan mekanisme atau regulasi dalam pengelolaan dana dan memastikan penggunaan dana yang menjamin terealisasinya luaran yang telah dijanjikan. Selanjutnya verifikator mewawancarai perwakilan Mitra dan meminta penjelasan tentang kesiapan mitra dalam pelaksanaan program dan ketersediaan dana padanan baik in-cash maupun in-kind.

Sumber:https://sultengraya.com/read/152361/unismuh-palu-satu-satunya-pt-di-sulteng-lolos-proposal-penelitian-mf-kedaireka/

Share :

Baca Juga

Berita

Rektor Dorong Jiwa Entrepreneur Mahasiswa, Solusi Atasi Pengangguran

AIK

Ketua PTA Palu Mengajak Mahasiswa Unismuh Palu Jaga Syariat Islam

Berita

Kenapa Harus Di Unismuh Palu? Karena disini ada banyak kemudahan

Berita

Unismuh Palu Peringkat Ke-43 dari 174 PTM se- Indonesia

Berita

Unismuh Palu Buka Dua Prodi Baru

Berita

Rektor Dorong Penelitian Tugas Akhir Studi Mahasiswa Bersifat Inovatif

Berita

Ma’had Thalhah bin Ubaidillah Lantik Pengurus Baru Organisasi Mahasiswa

Berita

Unismuh Palu dan LLDIKTI Wilayah 16 Gelar Pendampingan Pengusulan Jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar di Sulawesi Tengah