Home / Berita

Rabu, 7 Juli 2021 - 14:22 WIB

Rektor dan Pejabat Unismuh Palu ikut Vaksinasi Covid-19

REKTOR : Dr. Rajindra. SE., MM

REKTOR : Dr. Rajindra. SE., MM

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 bekerjasama dengan pemerintah Kota Palu dan MCCC Pimpinan Pusat Muhammadiyah di klinik PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari, pada Senin dan Selasa (5-6 Juli 2021).

Proses Vaksinasi itu tidak hanya diikuti oleh masyarakat umum, melainkan juga diikuti oleh para pejabat di lingkungan Kampus Biru Unismuh Palu, diantaranya Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM, disusul Wakil Rektor III Unismuh Palu Dr. Ir. Syaifuddin Nasrun., MP, para dekan dan civitas akademika Unismuh Palu lainnya, termasuk mahasiswa dan pengurus organisasi mahasiswa internal kampus.

Saat dihubungi, rektor mengatakan, sebagai pimpinan tentu harus menjadi contoh bagi civitas akademika Unismuh Palu lainnya, sehingga dirinya juga ikut serta divaksin, sekalipun katanya vaksinasi Covid-19 memang tidak membuat orang 100 persen kebal dari Covid-19.  Namun paling tidak dengan vaksinasi Covid-19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika tertular Covid-19.

“Ini untuk memberi perlindungan tubuh, agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona,”ujar rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor III Dr. Ir. Syaifuddin Nasrun., MP, ditemui dilokasi vaksinasi mengatakan, jika dirinya perna mengalami isolasi mandiri bersama keluarganya karena diduga terpapar Covid-19 di tahun 2020.

Menjalani isolasi mandiri katanya sungguh tidak menyenangkan, karena mengharuskan dirinya tidak berinteraksi dan bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga serta koleganya.

Dengan adanya vaksinasi ini, membuat dirinya semangat untuk mengikuti, dengan harapan itu dapat meningkatkan daya imunnya, sehingga dapat mengurangi dampak dari serangan Covid-19.

Dirinya juga mendorong agar masyarakat luas dan khususnya keluarga besar Kampus Biru Unismuh Palu mengikuti anjuran pemerintah untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. “Inikan untuk meningkatkan daya imun tubuh kita, untuk mengurangi dampak dari virus covid-19. Saya kira ada baiknya kita mengikuti anjuran pemerintah, apalagi Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga telah menganjurkan kita semua untuk divaksin,”ujarnya.

Pemerintah sendiri mendorong dilakukan vaksinasi Covid-19 secara menyeluruh untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Sebab salah satu cara mencapai herd immunity Corona adalah dengan cara vaksinasi. Vaksin melatih sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi yang akan melawan penyakit. Hal yang terpenting adalah vaksin bekerja tanpa membuat orang sakit.

Orang yang divaksinasi dilindungi dari penyakit sehigga bisa memutus rantai penularan. Untuk mencapai herd immunity Corona, sebagian besar populasi perlu divaksinasi, paling tidak sekitar 70 sampai 80 persen, sehingga menurunkan jumlah keseluruhan virus Corona yang dapat menyebar di seluruh populasi.

Sumber: https://sultengraya.com/read/112877/rektor-dan-pejabat-unismuh-palu-ikut-vaksinasi-covid-19/

Share :

Baca Juga

Berita

Promosi Doktor, Wadek 2 Fakultas Agama Islam Unismuh Palu Diuji Rektor UIN

Berita

Mas Fais Motivasi Mahasiswa Unismuh Palu Jadi Pengusaha

Berita

POSKI II, Kontingen Unismuh Palu Raih Tiga Perak, Dua Perunggu

Berita

120 Mahasiswa Unismuh Palu Terima KIP Kuliah

Berita

Tingkatkan Mutu, LPM Tinjau Kurikulum Prodi

Berita

Dua Dosen Unismuh Palu Lolos Seleksi Pendanaan Hibah Bima Kemendikbudristek Tahun 2023

Berita

Pascasarjana Unismuh Palu,Tingkatkan Kemampuan Kompetitif Mahasiswa Lewat Seminar Umum

Berita

TOPANG PEMBIAYAAN KAMPUS, Tiga Potensi Bisnis Akan Dikembangkan Unismuh Palu