Home / Berita

Senin, 28 Maret 2022 - 22:36 WIB

Klinik Utama PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari Diresmikan

 Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Rektor Unismuh Palu Prof. Dr. H Rajindra, SE., MM, Ketua DPRD Provinsu Sulteng Nilam Sari Lawira, dan Ketua MDMC Pusat H Budi Setiawan, ST, saat melakukan pengguntingan pita secara bersama

Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Rektor Unismuh Palu Prof. Dr. H Rajindra, SE., MM, Ketua DPRD Provinsu Sulteng Nilam Sari Lawira, dan Ketua MDMC Pusat H Budi Setiawan, ST, saat melakukan pengguntingan pita secara bersama

Penantian panjang Warga Muhammadiyah Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu untuk memiliki klinik kesehatan atau rumah sakit sendiri akhirnya terjawab, setelah Klinik Utama PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari diresmikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Sabtu (26/3/2022).

Klinik tersebut sekaligus sebagai persiapan untuk menjadi Rumah Sakit Tipe D, beralamat Jalan Rusdi Toana, Nomor 3 Palu, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H Rajindra, SE., MM selaku Menejer Operasional Proyek Pembangunan Klinik itu mengatakan,  pembangunan klinik ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, yakni Lazizmu, Direct Relief, dan PWM Jawa Tengah.

Katanya, ini adalah berkah dari peristiwa bencana alam 28 September 2018 silam, dimana pasca peristiwa bencana alam itu kampus Unismuh Palu dijadikan posko utama oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), selang beberapa hari pihak MDMC memutuskan Klinik Siti Fadila Supari sebagai pusat layanan kesehatan.

“Seiring waktu, Klinik Siti Fadilah Supari dilakukan pembenahan dan pembangunan dengan berbagai bantuan baik dalam dan luar negeri, Lazismu, Direct Relief, dan Jawa Tengah akan mengisi alkesnya,”sebut Prof Rajindra.

Prof Rajindra berharap, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dapat memberikan dukungan agar klinik tersebut  dapat menjadi Rumah Sakit Tipe D.  “Sebagaimana kita ketahui, bahwa Muhammadiyah membuat amal usaha itu bukan semata-mata mencari keuntungan, melainkan untuk kemaslahan ummat, termasuk klinik ini,”ujar Prof Rajindra lagi.

Sementara itu, Gubernur Sulteng diwakili Kadis Kesehatan Sulteng, dr. I Komang Adi Pratama Sujendra, mengucapkan terimakasih dan berharap semoga kehadiran Klinik Utama PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari bisa memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

Katanya, pembangunan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari tersebut bagian dari rekonstruksi pasca gempa yang telah menimpa daerah ini.

“Harapan kami, klinik ini dapat dikelola agar menjadi tempat kesehatan yang unggul dalam melayani kesehatan masyarakat Kota Palu, dan kedepan dengan selalu meningkatkan kompetensi dengan akreditasi serta peningkatan mutu dan layanan, Klinik Utama Muhammadiyah Palu akan semakin pesat berkembang dan jadi rumah sakit tipe D atau bahkan sampai tipe A,” ujarnya.

Hal yang sama, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman dalam sambutannya saat meresmikan itu memberikan apresiasi seluruh kerja dari semua pihak dalam pembangunan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari itu,  dan terkhusus untuk Rektor Unismuh Palu yang telah bersedia mengawal proses pembangunan.

Agus Taufiqurrahman juga mengharapkan dukungan dari pemerintah khususnya Dinas Kesehatan dan DPRD Propinsi Sulawesi Tengah dalam mewujudkan layanan kesehatan untuk masyarakat.

Terakhir, Agus Taufiqurrahman berharap Klinik Utama PKU Muhammadiyah Siti Fadila Supari itu bisa memberikan manfaat bagi umat dan bangsa. “Ini menjadi bagian terus menerus usaha kita mewujudkan pembangunan pelayanan dalam rangka membangun kesehatan bangsa, semoga ini berkembang terus dan bisa menjadi rumah sakit internasional,”harap Agus.

Sumber:https://sultengraya.com/read/129953/klinik-utama-pku-muhammadiyah-siti-fadila-supari-diresmikan/

Share :

Baca Juga

Berita

FAI Unismuh Palu Launching Kawasan Bebas Asap Rokok

Berita

Dukung Program Penurunan Stunting, Unismuh Palu Turunkan Peserta KKN Tematik Stunting

Berita

Unismuh Palu Ketambahan Satu Orang Doktor

Berita

427 Mahasiswa Unismuh Di Wisudah 38 Diantaranya Pasca Sarjana

Berita

Unismuh Gelar Wisuda Saat Pandemi, Gubernur Pesan Tetap Bersyukur

Berita

Prof Rajindra Sebut Pancasila itu Harus Dibumikan dengan Perilaku

Berita

Sejumlah Alasan Memilih Unismuh Palu Tempat Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Berita

Satu Mahasiswa FKM Unismuh Palu Lolos ke Taiwan