Home / Berita

Selasa, 14 September 2021 - 10:58 WIB

FAI Unismuh Palu Turunkan 84 Peserta Mahasiswa Program PPL

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, resmi melepas sebanyak 84 Mahasiswa Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari tiga program studi, masing-masing Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam,  Prodi Pendidikan Agama Islam,  dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini .

Para mahasiswa tersebut nantinya di tempatkan di sejumlah instansi pendidikan negeri dan swasta, termasuk di tempatkan di lembaga penyiaran dan media cetak selama satu bulan.

Hadir dalam pelepasan itu, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM menyampaikan, bahwa Program PPL merupakan suatu program regular yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka terima selama di dalam kampus.

Namun perlu dipahami kata rektor, kerapkali realita di lapangan tidak sama persis dengan teori yang diterima di dalam kampus, tapi sebagai seorang terpelajar, harus bisa menyesuaikan diri antara realita di lapangan dengan ilmu yang diterima di dalam kampus.

Apalagi selama melaksanakan PPL, mampu menunjukan kinerja yang bagus, tidak menutup kemungkinan akan dilirik oleh pimpinan perusahaan atau instansi. “Jangan main-main di lapangan, carilah ilmu dan pengalaman di sana, bekerjalah dengan baik. Apalagi sampai dilirik oleh pimpinan di sana. Lebih bagus lagi itu, karena langsung kerja,”ujar rektor, di Gedung Islamic Center Unismuh Palu. Rabu (8/9/2021).

Kata rektor, berdasarkan pengalaman dirinya selama ini, tidak sedikit peserta PPL dari Unismuh Palu itu langsung terserap di lapangan kerja setelah selesai dari PPL, karena kantor atau perusahaan tempat mereka bekerja itu yang menawarkan agar mahasiswa tersebut langsung bekerja di tempat itu, karena melihat hasil kinerja mahasiswa bersangkutan.

Sementara itu, Dekan FAI Unismuh Palu, Muhammad Rizal Masdul juga menitipkan pesan kepada para mahasiswa, bahwa ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang peserta PPL, yakni  Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional  dan Kompetensi Sosial. “Pada saat di lapangan jangan menggurui pembimbing atau pamong. Tapi tunjukan bahwa anda di lapangan itu sebagai orang yang mencari nilai dan keterampilan sebagai bekal anda nanti setelah sebagai seorang sarjana, pahami psikologi pamong,”pesan dekan.

Sumber: https://sultengraya.com/read/116657/fai-unismuh-palu-turunkan-84-peserta-mahasiswa-program-ppl/

Share :

Baca Juga

Berita

Fakultas Teknik Unismuh Palu MoU dengan Bhinneka Global

Berita

Tes Masuk Unismuh Gelombang Pertama Telah Berlangsung

Berita

Sebelum Turun Kkn, Mahasiswa Unismuh Palu Diwajibkan Ikut Baitul Arqam

Berita

PENGAJIAN LP2AIK – FAI UNISMUH PALU, Prof Nurdin Bahas Dampak Teknologi Informasi di Era 5.0

Berita

Tim Safari Ramadan Unismuh Palu Berbagi di Sejumlah Masjid

Berita

Rektor Unismuh Kembali Keluarkan Kebijakan Keringanan Pembayaran SPP Mahasiswa

Berita

GOWES SILATURAHMI SIVITAS UNISMUH PALU, Rektor: Silaturahmi dan Olahraga Tingkatkan Imunitas

Berita

Kegiatan PBL Mahasiswa FKM Unismuh Palu Edukasi Masyarakat Pombewe