Home / Berita

Senin, 9 Agustus 2021 - 15:10 WIB

Program KKN Mahasiwa Unismuh Palu Layani Pasien Isoman COVID-19

Kabag Humas Unismuh Palu Andi Kaimuddin

Kabag Humas Unismuh Palu Andi Kaimuddin

Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu ikut menjadi relawan di Posko Roa Jaga Roa. Enam mahasiswa diantaranya sedang ikut Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 60.

Kabag Humas Unismuh Palu Andi Kaimuddin mengatakan, keterlibatan mahasiswa dan yang sedang KKN sebagai bentuk partisipasi dan respons kampus seiring semakin meningkatnya penularan virus corona di Kota Palu dan sekitarnya.

“Angka warga yang melakukan isolasi mandiri saat ini cukup tinggi, dan mereka harus mengikuti prokes, salah satunya tetap di rumah. Kondisi ini memaksa mereka untuk tidak dapat beraktifitas dan kehilangan pendapatan,” kata Andi Kaimuddin.

Dampaknya, warga yang isoman kesulitan memenuhi kebutuhan sehari untuk makan dan minum. Inilah yang menjadi perhatian Posko Roa Jaga Roa.

Kaimudin menjelaskan, keterlibatan mahasiswa KKN merupakan bukti nyata dari implementasi Catur Dhama Perguruan Tinggi Muhammadiyah, salah satunya pengabdian kepada maayarakat. “Ini merupakan langkah awal dan dimulai dengan hal-hal yang kecil,” ujar Kaimuddin.

Salah seorang relawan mahasiswa KKN Mutmainah Mustafa mengatakan, keterlibatan mereka merupakan tindakan nyata program pengabdian kepada masyarakat. “Melayani para warga yang melakukan isolasi mandiri COVID-19, merupakan pekerjaan mulia,” ujarnya.

Hal senada disampaikan I Made Adi Putrawan menyatakan program melayani pasien Isoman salah satu program yang sangat berguna akan dijadwalkan dalam program KKN.

“Peran serta mahasiswa disaat pandemi, sangat dibutuhkan untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan gerakan keswadayaan masyarakat,” jelas Adi.

Admin Roa Jaga Roa Muh Sharfin menyebutkan sejak ‘berdiri’ sudah menangani 388 warga isoman. “Hari Minggu ini kami menangani 209 warga isoman,”ujarnya.

Dukungan Roa Jaga Roa terdiri dari makan siang dan malam, vitamin, dan lain-lain.

Sumber: https://sultengraya.com/read/114683/program-kkn-mahasiwa-unismuh-palu-layani-pasien-isoman-covid-19/

Share :

Baca Juga

Berita

Bendung Paham Kiri Lewat Darul Arqam dan Baitul Arqam

Berita

Unismuh Palu Masukan Pendidikan Karakter Anti Korupsi Dalam Mata Kuliah

Berita

Universitas Muhammadiyah Palu Gelar Turnamen Voli Tingkat SMA, Ajang Kompetisi Menyatukan Bakat Olahraga dan Ajang Perkenalan Kampus

Berita

Unismuh Palu Jalin Kerjasama Empat Perguruan Tinggi

Berita

Program KKN Posko Wani II dan Wani III Capai 60 Persen

Berita

PP Muhammadiyah Dorong Lembaga Pendidikan Perserikatan Saling Mendukung

Berita

Rektor Unismuh Palu, Ajak Umat Doakan Keselamatan Warga Palestina

Berita

Dosen Unismuh Palu Terima Satyalencana Karya Satya dan Kenaikan Pangkat di HUT RI