Home / Berita

Selasa, 23 Februari 2021 - 18:55 WIB

Unismuh Palu, Masuk Daftar Universitas Islam Terbaik di Dunia

Rektor: Dr. Rajindra, SE., MM.

Rektor: Dr. Rajindra, SE., MM.

Kabar baik datang dari salah satu lembaga pemeringkatan pendidikan tinggi yang berbasis di Australia, uniRank, yang memasukan Kampus Biru Unisversitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu sebagai salah satu Universitas Islam terbaik di dunia.

Dari 408 universitas berbasis Islam yang dianggap terbaik di dunia, kampus biru ini masuk dalam urutan ke-213. Lembaga ini setiap tahunnya melalui situsnya www.4icu.org merilis peringkat perguruan tinggi di dunia. “Alhamdulillah kita masih masuk dalam deretan rilis uniRank,  artinya kita masih dianggap baik oleh lembaga-lembaga dunia,”ujar Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM. Ahad (21/2/2021).

Ini adalah kedua kalinya lembaga dunia menempatkan kampus biru ini sebagai salah satu kampus terbaik, setelah sebelumnya lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities memasukan Unismuh Palu dalam daftar universitas terbaik di Indonesia.

Selengkapnya dalam rilisnya itu, menempatkan lima perguruan tinggi negeri dan sawsta di Sulawesi Tengah dalam 500 besar kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics  per Januari 2021, masing-masing urutan pertama diraih oleh Universitas Tadulako (Untad) masuk urutan ke-52, menyusul Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk urutan ke-94, berikutnya Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu urutan ke-211, selanjutnya mengekor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu urutan ke-406, dan terakhir Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu urutan ke-439.

Dikutip dari website resmi UniRank, bahwa penerbitkan peringkat universitas oleh uniRank 2021 dari 408 Universitas Islam terbaik di dunia yang memenuhi kriteria, dimana tujuannya adalah untuk menyediakan Tabel Liga non-akademik dari Universitas Islam terbaik di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi yang disediakan oleh sumber intelijen web independen dari pada data yang dikirimkan oleh Universitas itu sendiri.

Sekadar diketahui, selain Unismuh Palu, juga terdapat tiga Universitas Muhammadiyah masuk 10 Besar sebagai Universitas Islam Terbaik Dunia Versi UniRank, dengan menempatkan Universitas Muhammadiyah Malang UMM nomor 1 atau paling atas, urutan ke empat disusul Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada urutan ke delapan.

Terkait perengkingan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr KH Haedar Nashir, memberikan apresiasi tinggi dan ungkapan terima kasih PP Muhammadiyah terhadap PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM, serta semua komponen yang ikut berkhidmat dengan penuh komitmen, kesungguhan, pengorbanan dan tiada henti dalam spirit tidak banyak bicara tetapi banyak bekerja.

“PP Muhammadiyah menyampaikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM, serta semua komponen Persyarikatan yang berkhidmat sepenuh komitmen, kesungguhan, pengorbanan, dan yang tiada henti dalam spirit tidak banyak bicara tetapi banyak bekerja,” ungkap Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir.

Maksudnya yang telah bersikap kerja keras dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif serta bermanfaat besar untuk kemajuan umat, bangsa, persyarikatan, dan kemanusiaan global.

Prof Haedar Nashir juga mengucapkan rasa terima kasih nya kepada semua pihak yang sudah bekerjasama dengan Muhammadiyah untuk memajukan kehidupan bangsa dan kemanusiaan semesta. “Muhammadiyah sering hadir tidak gegap gempita, tetapi selalu terpanggil berbuat nyata yang memberi kemaslahatan bagi kehidupan bersama,” jelas Prof Haedar Nashir.

Sumber: https://sultengraya.com/read/105446/unismuh-palu-masuk-daftar-universitas-islam-terbaik-di-dunia/?fbclid=IwAR0EujiMlbr7QFqpmsKtuCfK6Gd9K9vF2gGhgyqbHUS5ftrCI71-_-DYSdg

Share :

Baca Juga

Berita

Unismuh Palu Lantik Tiga Wakil Rektor Baru, Berikut Nama-namanya

Berita

KKN Tematik Pariwisata Angkatan 65 LPPM Unismuh Palu: Meninggalkan Jejak Kebaikan dalam Pengembangan Pariwisata Lokal

Berita

Penandatanganan MOU Kerjasama PKBI Sulteng dengan Universitas Muhammadiyah dalam pencegahan bencana dan Stunting di Provinsi Sulawesi Tengah

Berita

Unismuh Palu Peringati Milad ke-40 dengan Olahraga Tradisional

Berita

Empat Pilar Kebangsaan di Sosialisasikan di Unismuh Palu

Berita

Rektor Ajak Kaum Melenial Kuliah di Kampus Biru Unismuh Palu

Berita

Ketua LPPM Unismuh Palu Sebut Program Kerja KKN LXI Tepat Sasaran

Berita

Fakum Unismuh Palu Lagi Ketambahan Doktor