Home / AIK / Berita

Rabu, 14 Agustus 2024 - 14:55 WIB

Unismuh Palu Perkuat AIK Mahasiswa Lewat Baitul Argam

Wakil Rektor III, Dr. Yusuf Hasmin, SH., MH disaksikan oleh Ketua Panitia pelaksana Fery eL Shirinja menyerahkan sertifikat Baitul Arqam kepada peserta, Ahad (11/8/2024). Foto: Humas

Wakil Rektor III, Dr. Yusuf Hasmin, SH., MH disaksikan oleh Ketua Panitia pelaksana Fery eL Shirinja menyerahkan sertifikat Baitul Arqam kepada peserta, Ahad (11/8/2024). Foto: Humas

Universitas Muhammadiyah (UnismuhPalu kembali mengadakan Baitul Arqam Mahasiswa Akhir (BAM Akhir) gelombang ketiga, Jumat hingga Ahad (9-11/8/2024), dilaksanakan di Aula Rektorat.

Kegiatan ini mengangkat tema Luruskan Aqidah, Perbaiki Ibadah, Wujudkan Sarjana Smart dengan Kepribadian Islam dan Kemuhammadiyahan.

Wakil Rektor III, Dr. Yusuf Hasmin, SH., MH mengatakan, bahwa Baitul Arqam ini bertujuan memperkuat pemahaman Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa tingkat akhir.

Kegiatan BAM Akhir ini merupakan syarat wajib sebelum mahasiswa mengikuti yudisium dan wisuda sarjana, dengan tujuan membentuk jati diri dan memperbaiki ibadah mahasiswa sesuai tuntunan Al-Quran dan As-sunah.

“Begitu juga mahasiswa non muslim, tetap ikut BAM Akhir, untuk memberikan pemahaman tentang keuniversalan ajaran Islam dan Muhammadiyah tidak membedakan pelayanan kepada siapapun, baik pelayanan kesehatan, pendidikan maupun kegiatan sosial lainnya,” jelasnya.
Kata Yusuf, kegiatan ini sebagai sarana penguatan keislaman dan kemuhammadiyahan dalam rangka mencetak generasi unggul dan Islami. “Kami berharap kepada seluruh mahasiswa untuk mengikuti Baitul Arqam akhir ini dengan baik,” jelasnya.

Yang pastinya kata Yusuf, bahwa BAM akhir ini, akan memberikan bekal dalam membentuk skill dan perilaku kerja profesional dari mahasiswa ketika selesai studi dan berada di tengah masyarakat. “Calon sarjana harus memiliki wawasan yang luas,” ujarnya.

Ketua Panitia pelaksana Fery eL Shirinja mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir di semua fakultas yang ada di Unismuh Palu, karena kegiatan ini bagian dari persyaratan untuk mengikuti prosesi wisuda sarjana.

Selama kegiatan sebut Fery, mahasiswa diikutkan sholat tahajud mulai pukul 02.30 WITA. Juga latihan kultum sebelum dan sesudah sholat Subuh. Sementara pada pagi harinya sebelum menerima materi di kelas, peserta BAMA diikutkan Outbond dan Games di halaman Rektorat Unismuh Palu.

“Hal ini dilakukan, selain agar peserta rileks juga untuk membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi,”sebut Fery.

Sumber:https://sultengraya.com/read/179539/unismuh-palu-perkuat-aik-mahasiswa-lewat-baitul-argam/

Share :

Baca Juga

Berita

Unismuh Palu Tutup Tahun dengan Wisuda 200 Mahasiswa

Berita

Unismuh Palu Bersiap Terima Mahasiswa Baru

Berita

Dua BEM Fakultas di Unismuh Palu Seminar Akhir PHP2D Tahun 2021

Berita

Peduli Desa Rogo, Mahasiswa KKN Unismuh Palu Salurkan Bantuan

Berita

Prof Rajindra : Harkitnas Bagi Pemuda Harus Dimaknai Kebangkitan Pengembangan SDM

Berita

Rektor dan Pejabat Unismuh Palu ikut Vaksinasi Covid-19

Berita

Tim Safari Ramadhan Unismuh Palu Terbentuk

Berita

Warga Antusias Ikut Vaksinasi di FKM Unismuh Palu Sulteng Raya-Kota Palu-Dibaca 74 Kali