Home / Berita / Universitas

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:12 WIB

Panitia Kurban Unismuh Palu Kembali Terima Penyaluran Daging Kurban

Pengurus Masjid Ulil Albab Universitas Muhammadiyah (UnismuhPalu kembali membentuk panitia penyaluran daging kurban.

Ketua Panitia Kurban Kumaini M. Timumun mengimbau kepada warga perserikatan Muhammadiyah maupun masyarakat sekitar kampus yang berkeinginan melaksanakan ibadah Kurban dapat menghubungi pengurus Masjid atau panitia yang telah dibentuk.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pengurus Masjid Ulil Albab Unismuh Palu bersama panitia kurban menerima dan menyalurkan daging kurban kepada pihak-pihak yang dinilai dapat menerima daging kurban, disalurkan ke panti asuhan maupun  ke masyarakat yang dinilai belum beruntung secara ekonomi.

Katanya, masyarakat dapat menyerahkan berupa ekor kambing maupun sapi, untuk kamping satu ekor perorang sementara satu ekor sapi dapat berserikat sebanyak tujuh orang. Namun bisa juga menyerahkan berupa dana, Rp 3,5 juta perorang untuk satu ekor kambing dan Rp 2,2 juta perorang untuk sapi.

Dimana saat ini sebut Kumaini, telah terbentuk 10 kolompok, masing-masing setiap kelompok terdiri dari 7 orang. “Namun finalisasi jumlah kelompok akan kita bahas Hari Senin (hari ini) atau Selasa (besok),”sebut Kumaini, Ahad (9/6/2024). 

Menyembelih hewan kurban kata Kunaini, hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila belum mampu untuk membeli hewan kurban, tidak dibenarkan memaksakan diri.

Hal tersebut sesuai QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah.”

Lebih lanjut kata Kumaini, tidak sekadar merayakan Idul Adha, lebih dari itu, berkurban memberikan manfaat yang tidak ditemukan pada jenis ibadah lainnya. Diantaranya menambah rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT.

Dengan berkurban katanya, merupakan satu di antara bentuk kecintaan seorang hamba kepada Allah SWT. Ketika melakukan kurban, akan jauh lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT.

Pelaksanaan hari Raya Idul Adha sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2024. Untuk itu kata Mufarik, bagi civitas akademika Unismuh Palu, Warga Perserikatan Muhammadiyah atau masyarakat jamaah Masjid Ulil Albab yang berkeinginan melaksanakan ibadah Kurban dan mempercayakan ke panitia yang sudah dibentuk masih ada waktu sebelum hari H. 

Sumber:https://sultengraya.com/read/176525/panitia-kurban-unismuh-palu-kembali-terima-penyaluran-daging-kurban/

Share :

Baca Juga

Berita

Dosen Unismuh Palu Terima Satyalencana Karya Satya dan Kenaikan Pangkat di HUT RI

Berita

Rektor Unismuh Keluarkan Kebijakan Keringanan Pembayaran UKT

Berita

Unismuh Palu, Menuju Kampus Bertaraf Internasional

Berita

Mahasiswa Unismuh Palu Sosialisasikan Perwali Nomor 40 Tahun 2021

Berita

Lagi, Unismuh Palu Tekan MoU dengan 5 Lembaga

Berita

Unismuh Palu Qurban Sembilan Ekor Sapi

Berita

Aptisi Sulteng Dorong Perguruan Tinggi Swasta Perbanyak Guru Besar

Berita

POSKI II, Kontingen Unismuh Palu Raih Tiga Perak, Dua Perunggu