Home / Berita / Universitas

Rabu, 13 Desember 2023 - 11:33 WIB

Kemendikbud Ristek Sosialisasikan Beasiswa Unggulan 2024 di Unismuh Palu

Wakil Rektor Bidang Akademik Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M. Kes saat membuka sosialisasi Beasiswa Unggulan 2024 di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu. Foto: Humas

Wakil Rektor Bidang Akademik Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M. Kes saat membuka sosialisasi Beasiswa Unggulan 2024 di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu. Foto: Humas

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mensosialisasikan Beasiswa Unggulan 2024 di Universitas Muhammadiyah (.

Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa terdiri dari Mahasiswa S1 dan Pascasarjana di Aula Rektorat, Selasa (12/12/2023).

Pihak Kemendikbud Ristek diwakili langsung oleh Sub Koordinator Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI Dr. Tatang Supriatna sekaligus sebagai narasumber dan didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M. Kes dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unismuh Palu, Dr. Moh Yusuf Hasmin, SH., MH.

Usai kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa Unismuh Palu, Dr. Moh Yusuf Hasmin mengatakan, beasiswa ini berbeda dengan KIP Kuliah, sebab KIP Kuliah hanya diperuntukan bagi mahasiswa Prasejahtera, sementara beasiswa unggulan ini diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik dengan IPK minimal 3,25, dan memiliki kemampuan Bahasa  Indonesia yang dibuktikan dengan sertifikat yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek untuk tujuan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

“Ini berbeda dengan KIP Kuliah, dan ada sejumlah persyaratan administrasi  yang harus juga dipenuhi, baik itu tentang batasan minimal IPK, Kemampuan Berbahasa Indonesia, Pernyataan belum perna menerima beasiswa dari negara, termasuk pengalaman organisasi dari SMA/SMK Sederajat hingga Perguruan Tinggi, bahkan sampai pada surat keterangan aktif kuliah dari dekan,”jelas Yusuf Hasmin.

Setelah semua persyaratan administrasi itu katanya terpenuhi, dilanjutkan dengan tahap wawancara, di tahapan inilah yang menentukan lolos tidaknya calon penerima beasiswa itu atau tidak.

Berbagai benefit yang bisa didapatkan bagi penerima beasiswa yang dinyatakan lolos, mulai dari seluruh biaya pendidikan akan ditanggug selama kuliah, seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) atau SPP di pergruuan tinggi swasta (PTS) akan dibayar penuh, bahkan sampai pada biaya hidup selama kuliah, hingga biaya buku.

“Semua biaya kuliah itu akan ditanggung, begitu juga biaya hidup dan buku selama kuliah, untuk S1 biaya hidup Rp1,4 juta per bulan dan  biaya buku Rp900 ribu per semester, S2 biaya hidup Rp1,7 juta dan biaya buku Rp1 juta per semester, S3 biaya hidup Rp1,750.000 dan biaya buku Rp 1,150.000 per semester,”jelas Yusuf Hasmin.

Katanya, beasiswa tersebut akan dibuka pada Bulan Agustus 2024 ini, dengan harapan para mahasiswa khususnya mereka yang masuk semester tiga dapat mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Mengingat begitu besar benefit atau keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Namun dibalik benefit atau keuntungan itu juga terdapat resiko bagi mereka yang bermain-main, dalam arti tidak dapat menyelesaikan studi tepat waktu alias drop out (DO) akan melakukan pengembalian.

“Untuk S1 itu hanya sampai pada semester delapan, jika masuk semester Sembilan putus beasiswa, dan jika sampai DO akan melakukan pengembalian, untuk itu ya harus bisa menyelesaikan studi minimal tepat waktu, jika perlu masuk semester delapan sudah selesai itu studi S1,”ujar Yusuf Hasmin.

Sumber:https://sultengraya.com/read/168700/kemendikbud-ristek-sosialisasikan-beasiswa-unggulan-2024-di-unismuh-palu/

Share :

Baca Juga

Berita

Pegadaian Goes to Campus, Ajak Investasi Emas

Universitas

Unismuh Palu Gelar Piala Rektor CUP II

Berita

Tingkatkan Kualitas Lulusan Melalui Kerjasama

Berita

Rektor Lanjutkan Kebijakan Keringanan Pembayaran UKT

Berita

Rektor Dorong Penelitian Tugas Akhir Studi Mahasiswa Bersifat Inovatif

Berita

Tiga Mahasiswa Unismuh Palu Lolos Program Transfer Kredit Internasional 2021

Berita

Memperkuat Kaloborasi Pendidikan Kesepakatan MOU Unismuh Palu dan Universitas Tarumanagara

Berita

Peserta KKN Angkatan 62 Unismuh Palu Resmi Ditarik Sulteng Raya-Pendidikan-dibaca 103 kali