Home / Berita / Universitas

Jumat, 13 Oktober 2023 - 21:30 WIB

Unismuh Palu Pertegas Komitmen Peduli Mahasiswa Prasejahtera

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, sebuah institusi pendidikan tinggi di Sulawesi Tengah, mempertegas komitmennya untuk terus memberikan layanan terbaik kepada mahasiswanya, diantaranya bagi mereka yang berasal dari kelompok prasejahtera.

Komitmen itu diungkapkan Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM., dalam menyikapi masih tingginya angka putus sekolah dan pendidikan tinggi di Indonesia akibat faktor ekonomi.

Dalam upaya konkrit untuk mewujudkan komitmen ini, Unismuh Palu mengimplementasikan dalam beberapa bentuk skema kebijakan program diantaranya berupa skema pemberian beasiswa program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dari Pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa prasejahtera berprestasi akademik.

Beasiswa ini diharapkan dapat memberikan bantuan finansial kepada mahasiswa yang membutuhkan, membantu mereka tetap fokus dalam mengejar ilmu di lingkungan pendidikan tinggi.

Rektor Rajindra menekankan bahwa Unismuh Palu percaya pada prinsip kesetaraan akses pendidikan, tanpa memandang latar belakang ekonomi. “Setiap mahasiswa memiliki potensi luar biasa, dan sebagai lembaga pendidikan, tugas kami adalah memberikan dukungan penuh kepada mereka untuk meraih prestasi maksimal,” ujar Prof Rajindra, Selasa (10/10/2023).

Selain itu, juga berupa skema kebijakan angsuran sampai dua kali untuk pembayaran biaya SPP bagi mahasiswa prasejahtera. Hal ini juga dinilai sangat membantu meringankan bagi mereka yang belum beruntung secara ekonomi, namun berkeinginan untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Langkah-langkah konkrit itu adalah bagian integral dari visi Unismuh Palu sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada pembelajaran akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keberlanjutan sosial. Dengan menggabungkan pendidikan berkualitas dan komitmen terhadap pemerataan akses, Unismuh Palu berupaya menjadi wahana bagi generasi penerus yang unggul dalam segala aspek kehidupan.

Kepala Keuangan Unismuh Palu, Nasrul Haq, S.E., MM mengungkapkan untuk tahun 2022, terdapat 112 mahasiswa yang kesempatan mendapatkan beasiswa KIP Kuliah dari pemerintah. “ Alhamdulillah, setiap tahun kami mahasiswa kami mendapatkan kesempatan menerima beasiswa KIP Kuliah dari pemerintah, tentu ini sangat membantu bagi mereka yang memang sangat membutuhkan itu,”sebutnya.

Namun katanya, untuk mendapatkan itu harus melewati sejumlah tahapan, termasuk didalamnya adalah survei lapangan untuk memastikan yang menerima bantuan itu adalah mereka yang betul-betul tepat sasaran.

Sementara tahun ini sebut Nasrul, saat ini masih pendataan, dengan harapan semakin banyak mahasiswa yang bisa mendapatkan akses menerima skema bantuan itu.

Sumber:https://sultengraya.com/read/161005/unismuh-palu-pertegas-komitmen-peduli-mahasiswa-prasejahtera/

Share :

Baca Juga

Berita

Kuliah Umum: Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Gempa Bumi Dan Tsunami

Berita

Prof Rajindra Dorong Pemuda Tumbuhkan Semangat Berkolaborasi

Berita

Rektor Unismuh Palu Tidak Izinkan Kampanye Politik Masuk Kampus

Berita

Prof Rajindra Minta Mahasiswa Manfaatkan Skim Penelitian dan Pengabdian

Berita

Ketua Umum PP Muhammadiyah Meresmikan Gedung Banua Kaili H. Rusdi Toana di Universitas Muhammadiyah Palu

Berita

LPPM Unismuh Palu Bangun Kemitraan dengan P2KB Sulteng

Berita

Unismuh Palu Jadi Tuan Rumah Milad ke-109 Muhammadiyah di Sulteng

Berita

Bank Indonesia Asesmen Unismuh Palu