Home / Berita

Senin, 11 April 2022 - 11:39 WIB

Kampus Biru Perbanyak Aktifitas Ibadah di Bulan Puasa

Suasana ceramah siraman rohani di Masjid Ulil Albab Unismuh Palu.

Suasana ceramah siraman rohani di Masjid Ulil Albab Unismuh Palu.

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu memanfaatkan momentum bulan puasa dengan memperbanyak aktifitas religius, terutama di Masjid Ulil Albab Unismuh Palu sebagai bentuk upaya memperbanyak amalan ibadah.

Di masjid Ulil Albab, tidak hanya diisi dengan tilawah dan kajian keagamaan, melainkan juga setiap malam ada buka puasa bersama, bahkan diramaikan dengan salat tarawih berjamaah dengan ceramah siraman rohani oleh unsur pimpinan, dosen Unismuh, serta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulteng secara bergilir.

Semarak bulan puasa tersebut juga dimanfaatkan oleh Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP2AIK) dengan melakukan pengajian rutin di masjid ini dengan menghadirkan pemateri dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulteng, diikuti oleh segenap sivitas akademika Unismuh Palu.

Kegiatan tersebut berdasarkan surat edaran bernomor: 152/14/II.3.UMP/A/III/2022 yang menganjurkan kepada seluruh Civitas Akademika di kampus ini untuk meningkatkan ibadah, menghindarkan diri dari segala aktivitas yang dapat mengurangi nilai ibadah puasa. Memperbanyak berzikir tadarus Alquran, banyak bersedekah, serta memperbanyak amalan yang bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Kata Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM, sebenarnya kegiatan seperti itu telah menjadi rutinitas kampus ini setiap tahunnya, bahkan untuk pengajian telah menjadi jadwal bulanan, tidak hanya di bulan puasa.

“Ini sudah setiap tahunnya kampus biru melakukan seperti itu, hanya saja dua tahun lalu karena bertepatan dengan masa Covid-19, aktifitas seperti itu kami batasi, karena covid lagi ganas-ganasnya,”sebut Prof. Rajindra, Ahad (10/4/2022).

Lebih lanjut kata rektor, terkait aktivitas perkuliahan, tetap dilaksanakan sesuai jadwal atau melalui sistem Blended learning Daring SPADA atau metode pembelajaran gabungan konvensional dan digital.

Untuk perkuliahan katanya, harus tetap jalan, tidak bisa dengan ibadah puasa menjadi alasan dosen atau mahasiswa bermalas-malasan. “Jusru kalau mau berburu pahala, kuliah sambil puasa itu jauh lebih baik, karena menuntut ilmu adalah bagian dari ibadah, sehingga ibadahnya dobel, ibadah menuntut ilmu sambil tetap jalan juga ibadah puasanya,”ujar Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulteng ini.

Begitu juga katanya, pelayanan administrasi oleh para pegawai tetap jalan, pelayanan mulai pukul 09:000 Wita sampai Pukul 15:00 Wita. “Ini semua bagian dari ibadah, jika kita meniatkannya sebagai ibadah,”ujar Prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/130893/kampus-biru-perbanyak-aktifitas-ibadah-di-bulan-puasa/

Share :

Baca Juga

Berita

BEM Harus Jadi Garda Terdepan Bendung Paham Radikalisme

Berita

Unismuh Makassar Raih Akreditasi Unggul, Unismuh Palu Segera Menyusul

Berita

Unismuh Palu Dorong HAK PATEN Hasil Ciptaan atau Temuan Dosen

Berita

Staf Ahli Menteri Pertanian RI, Erik Tamalagi saat berbincang dengan Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM disela-sela penanaman pohon penghijauan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Unismuh Palu dalam rangka memperingati HUT ke-60 Harian Umum Mercusuar, Sabtu (24/9/2022).

Berita

Sejumlah Alasan Memilih Unismuh Palu Tempat Melanjutkan Pendidikan Tinggi

Berita

Peserta KKN Angkatan 61 Unismuh Palu Ditarik Secara Bertahap

Berita

Pascasarjana Unismuh Palu,Tingkatkan Kemampuan Kompetitif Mahasiswa Lewat Seminar Umum

Berita

Sugeng-Ronaldi, Terpilih Pimpin BEM FAI Unismuh Palu