Home / Berita

Rabu, 6 April 2022 - 10:48 WIB

FAI Unismuh Palu Bangun Kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd (kiri) serah terima dokumen Nota Kesepahaman dengan pihak IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diwakili oleh Ketua Jurusan Program Studi PJJ IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Muhammad Ali, M.Pd (kiri).

Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd (kiri) serah terima dokumen Nota Kesepahaman dengan pihak IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diwakili oleh Ketua Jurusan Program Studi PJJ IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Muhammad Ali, M.Pd (kiri).

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, membangun kerjasama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd dengan pihak IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen kesepakatan oleh dua Program Studi di FAI Unismuh Palu, masing-masing antara Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Unismuh Palu dengan Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Unismuh Palu dengan Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, IAIN Syekh Nurjati Cirebon diwakili oleh Ketua Jurusan Program Studi PJJ IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr. Muhammad Ali, M.Pd.

Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd dalam sambutannya mengatakan, jika saat ini FAI Unismuh Palu terus melakukan pembenahan dan pengembangan diri, terutama pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satunya melalui perluasan jaringan dan kerjasama dengan berbagai lembaga dan institusi, sebagai bentuk menjawab tuntutan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dimana saat ini, sudah tidak zamannya ada sebuah perguruan tinggi atau fakultas yang tidak memiliki jalinan kerjasama, baik itu sesama  lembaga pendidikan maupun di luar dari itu, karena tuntutan kurikulum MBKM mengharuskan perguruan tinggi, fakultas, prodi memperluas jaringan dan hubungan kerjasama.

“Olehnya kini FAI tengah berbenah, terutama terkait Tri Dharma Perguruan Tingginya, bukan hanya nantinya terkait pembelajaran dan konten-konten perkuliahannya agar dapat menarik mahasiswa, melainkan juga bisa kedepan kita kembangkan kerjasama terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat,”ujar dekan, Senin (4/4/2022).

Baca Juga :   Sambut Ramadan SDN 6 dan SD Inpres 2 Kayumalue Ngapa Gelar Pawai Obor

Sementara itu, Dr. Muhammad Ali mengatakan, MoU ini sangat memiliki peran yang strategis dan berguna bagi masing-masing fakultas dan perguruan tinggi, karena dalam MoU akan membuat perguruan tinggi itu akan kokoh dan menjadi semakin kuat dalam pengembangan akademik maupun non akademiknya.

Apalagi di tengah-tengah pandemi dan munculnya kurikulum MBKM, ini tentunya bisa berkolaborasi dan bersinergi satu dengan yang lainnya, sehingga saling memperkokoh dan saling menguatkan antara satu sama lainnya.

Selain itu, juga bisa mensinergikan dan memberdayakan hasanah keilmuan, baik itu tenaga pendidik ataupun tenaga kependidikan serta mahasiswanya. “Ini juga bisa memperkuat dokumen dalam akreditasi, baik itu akreditasi yang tengah berlangsung maupun akreditasi yang akan datang, karena dokumen mutu itu sangat-sangat penting dalam hal ini,”sebut Dr. Muhammad Ali.

Bahkan ikatan emosional antar perguruan tinggi juga katanya bisa terbangun melalui ini, di mana jaringan itu sangat penting dalam pengembangan sebuah perguruan tinggi.

Dr. Muhammad Ali juga mengatakan, terkait pertukaran mahasiswa dalam kontes MKBM, kedepan  tinggal berkoordinasi mata kuliah yang mana yang bisa dikerjasamakan, yang pastinya sebanyak 20 SKS. Mahasiswa juga tidak perlu meninggalkan Kota Palu, karena dilakukan secara PJJ.

Ia juga berharap, agar dalam waktu dekat, Dekan FAI Unismuh Palu didampingi Wakil Dekan, atau ketua prodi dapat mengunjungi kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, apalagi dalam waktu dekat ini kampus tersebut akan beralih status menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Cirebon (UISSI).

Sumber:https://sultengraya.com/read/130514/fai-unismuh-palu-bangun-kerjasama-dengan-iain-syekh-nurjati-cirebon/

Share :

Baca Juga

Berita

GOWES SILATURAHMI SIVITAS UNISMUH PALU, Rektor: Silaturahmi dan Olahraga Tingkatkan Imunitas

Berita

Unismuh Palu Masuk 100 Besar Universitas Islam Terbaik Dunia

Berita

Rektor Ajak Kaum Melenial Kuliah di Kampus Biru Unismuh Palu

Berita

Rektor dan Bupati Donggala Resmi Membuka Kampus 2 Unismuh Palu Di Donggala

Berita

BEM Fekon Unismuh Adakan Expo Ekonomi 2019

Berita

Peserta KKN Angkatan 62 Unismuh Palu Resmi Ditarik Sulteng Raya-Pendidikan-dibaca 103 kali

Berita

12 Mahasiswa Unismuh Palu Bergabung di Program KMP

Berita

LPPM Unismuh Palu Lakukan Penjajakan Kerjama dengan BNN Provinsi