Home / Berita

Jumat, 19 Juni 2020 - 09:39 WIB

Cegah Penularan Covid-19, Rektor Minta Jaga Kebersihan

Salah satu cara mencagah penularan Covid-19 adalah melalui Pola Hidup Sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sejak dahulu, pola hidup bersih seperti ini terbukti dapat mencegah penularan penyakit.

Menerapkan pola hidup bersih, suatu hal yang wajib bagi setiap umat manusia berakal terlebih sebagai seorang Muslim. Terlebih di era pandemi Covid-19 seperti ini. Pasalnya, virus ini dapat ditangkal dengan cara selalu menjaga kebersihan pakaian, badan, tangan dan tempat tinggal.

Perlu dipahami, Covid-19 hanya dapat menyebar  melalui kontak dekat, dan lingkungan atau benda yang dihinggapi virus. Seperti  melalui rintik yang berasal dari saluran pernapasan si penderita, batuk, bersin dan saat berbicara. Setelah itu rintik tersebut akan menempel di lingkungan, karena rintik yang cukup berat akan jatuh ke permukaan alih-alih bertahan di udara. Untuk itulah perlu adanya berjaga jarak sekitar 1-2 meter dari penderita atau orang yang kemungkinan membawa virus.

Seseorang yang menyentuh sebuah benda yang ternyata terperciki oleh rintik air yang mengandung virus, kemudian menyentuh area wajah terutama mata, hidung dan telinga. Maka virus akan masuk ke dalam tubuh orang tersebut.

Namun kondisi seperti ini dapat diatasi jika kondisi lingkungan tetap bersih dan pola hidup orang itu sehat, memakan makanan yang bergizi, beristirahat yang cukup dan juga berolahraga yang cukup, sehingga memiliki imun tubuh yang kuat.

Sekalipun virus itu masuk ke dalam tubuh, namun tidak memiliki daya untuk menyerang imun, bahkan virus tersebut dalam waktu singkat (beberapa hari) akan mati dengan sendirinya.

Sebagai seorang Muslim kata Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, Pola Hidup Sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah bagian dari ajaran Rasulullah Muhammad SAW, bahkan dalam salah atu hadisnya mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Sebenarnya kondisi ini mengajak kita kembali ke jalan yang benar, jalan yang diajarkan oleh Rasulullah, menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan,”ungkap rektor belum lama ini.

Rasulullah kata rektor, sebenarnya sudah mengajarkan bagaimana itu pola makan yang baik dan bergizi, berolahraga dan istirahat, sehingga imun dan fisiknya begitu kuat mengalahkan sebagian besar para sahabatnya. “Sebagai seorang muslim, cukup mengikuti apa yang sudah dicontohkan nabi,”katanya.

Tidak heran, jika pemerintah terus mengajak menjaga bersihan, makan makanan yang bergizi  dan berolahraga serta beristirahat secukupnya sebagai bagian dari upaya ikhtiar mencegah penyebaran covid-19 ini, selain tetap konsisten menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan.

Karena untuk menghilangkan virus tersebut dinilai sangat sulit, sebagaimana virus influenza yang kapan saja bisa menyerang manusia yang memiliki imun yang lemah.

Untuk itu, mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama warga kampus biru Unismuh Palu menjaga kebersihan lingkungan, badan, tangan, pakaian sebagai bagian dari ikhtiar pencegahan paparan Covid-19. “Mari saling bekerja sama menangkal virus corona dengan membiasakan pola hidup sehat dan bersih,”ajak rektor.

 

Sumber: https://sultengraya.com/read/95280/cegah-penularan-covid-19-rektor-minta-jaga-kebersihan/

Share :

Baca Juga

Berita

Masa Pandemi Mengurangi Minat Penelitian Dosen

Berita

Rektor Unismuh Palu: Penting Adanya Literasi Edukasi Kebencanaan Bagi Masyarakat

Berita

Ketua Majelis Dikti Minta Kurikulum Mengikuti Perkembangan Zaman

Berita

Unismuh Palu Bangun Kesepakatan dengan UMRI

Berita

FAI Unismuh Palu Bangun Kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Berita

Unismuh Palu Komitmen Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat Pedesaan

Berita

Ruko Unismuh Palu Masuki Tahap Pembangunan

Berita

Rektor Dorong Penelitian Tugas Akhir Studi Mahasiswa Bersifat Inovatif