Home / Berita / Universitas

Jumat, 2 Juni 2023 - 17:39 WIB

Prof Rajindra: Nilai Pancasila Harus Diaktualisasikan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu diminta mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui media, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Karena di tengah menjamurnya penggunaan patform media sosial saat ini, banyak kaum muda yang cenderung membuat, menerima dan menyebar konten-konten yang menyebar kebencian. Bahkan, pemuda menjadi sasaran empuk paham-paham radikal melalui media.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM sekaitan dengan Peringatakan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

Katanya, generasi milenial dan z saat ini sangat melek terhadap perkembangan teknologi. Namun demikian, perlu diingatkan agar bisa menjaga nilai-nilai Pancasila. Di ruang fisik ada norma dan tata cara sebagai konsensus dalam berbangsa. Namun di ruang digital, seseorang berada dalam kebebebasan tanpa batas, kerap tidak ada norma-norma yang dipatuhi sebagai konsensus berbangsa dan bernegara.

Baca Juga  Rajindra Guru Besar Pertama di PTS Sulteng

Sehingga di era digitalisasi saat ini, konten-konten yang ditampilkan tidak lagi memperhatikan kedalaman isi, tetapi lebih pada aspek kecepatan menyajikan konten, tanpa peduli aspek etis dan nilai-nilai.  Pada satu sisi sebagai keuntungan, tetapi di sisi yang lain, menjadi era kebohongan.

Tidak heran kata Guru Besar Unismuh Palu ini, di era digitalisasi saat ini, kerap kali orang mengalami kehilangan kemanusiaannya. Seharusnya, medsos bukan sebagai alat provokasi, menghancurkan karakter atau alat kampanye negatif. Tetapi menjadi sarana memajukan bangsa, seperti bisnis, iptek, menambah informasi dan wawasan.

Baca Juga  Unismuh Palu Gelar Uji Publik Calon Anggota Pansel PPKS

“Oleh karena itu, saya berharap melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, 1 Juni. Para mahasiswa sebagai  generasi milenial dan z dan kita semua warga negara Indonesia dapat merawat nilai luhur Pancasila, yang mana didalamnya terdapat 5 (lima) nilai universal dasar yakni  Ketuhanan, Kemanusiaan, Kebhinekaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial,”sebut Prof Rajindra, Kamis (1/6/2023).

Saat ini katanya masih banyak generasi muda yang masih mencari jati diri, sehingga mudah disusupi pikiran-pikiran intoleran bahkan radikal. Untuk itu, Prof Rajindra mengajak, agar para generasi milenial dan z bisa menabur kasih dalam setiap aspek kehidupan, agar tidak mudah saling menuduh, dan menghakimi.

Sumber:https://sultengraya.com/read/154339/prof-rajindra-nilai-pancasila-harus-diaktualisasikan-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Share :

Baca Juga

Berita

Ketua LPPM Unismuh Palu Sebut Program Kerja KKN LXI Tepat Sasaran

Berita

Puluhan Dosen Unismuh Palu Ikut Baitul Arqam

Berita

Kuliah Umum: Peran Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Gempa Bumi Dan Tsunami

Berita

Rektor Lakukan Pergantian Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kampus Unismuh Palu

Berita

Unismuh Palu Komitmen Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat Pedesaan

Berita

Rektor Lantik Pejabat di Lingkungan Unismuh Palu

Berita

Peningkatan Adaptasi Petani Sekitar Hutan Melalui Penerapan Sistem Agroforestry

Berita

Unismuh Championship Pencak Silat 2019, Unismuh Palu Kirim Tiga Atlit, Satu Pendamping