Home / Berita / Pascasarjana

Rabu, 14 Agustus 2024 - 16:48 WIB

Pascasarjana Unismuh Palu Gelar Seminar Internasional AI

 Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (UnismuhPalu selama dua hari Sabtu –Ahad (10-11/8/2024) telah melaksanakan konferensi internasional tentang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk penelitian multidisiplin, guna menghasilkan Jurnal Scopus.

Kegiatan ini hasil kerjasama dan kolaborasi dengan Mukhlisina Research Center (MRC), melibatkan lima negara yakni Indonesia, Tunisia, Malaysia, Negeria dan Mali, serta puluhan perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri, dilaksanakan secara online.

Dalam konferensi tersebut menghadirkan dua pembicara kunci yakni Asosiciates Profesor Dr. Yusuf Haji Othman, dari UniShama, Malaysia dan Dr. Sugeng Mashud, M.Kes dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia. Serta lima invited speaker atau pembicara tamu yakni Brehima Kante, Ph.D dari Universite Africaine Franco, Arabe, Mali. Imen Krimi, Ph,D, dari Institut Seperieuner des Sciences Sociales et de I’Education de Gafsa, Tunisia.

Selanjutnya, Naima Ghrabi, dari Ezzitouna University, Resoercher In Franco. Kote Abdoulaye, Ph.D, dari Intitut Superieur Al-Houda, Burkina Faso. Terakhir Mukhlis Lubis, Founder of Al-MRC, Indonesia , Al Coach for Scopus, Certified Writer and Editor BNSF.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Direktur Pascasarjana Unismuh Palu Dr. Syamsul Haling, SH, MH didampingi para Wakil Direktur (Wadir) masing-masing Wadir 1 sekaligus Ketua Panitia Dr. Hj. Surni Kadir, M.Pd.I, Wadir II Dr. H. Hamdi Rudji, M.Si, dan Wadir III Dr. Andi Purnawati, SH, MH,

Pada pembukaan konferensi internasional tersebut, Dr. Syamsul Haling menguncapkan selamat datang dan sukses buat seluruh peserta, serta mengucapkan terimakasih kepada pendiri Mukhlisina Research Center (MRC) sebagai penggagas dan penyelenggara konferensi, Khususnya Muchlis Lubis, juga kepada kedua pembicara kunci, yakni Asosiciates Profesor Dr. Yusuf Haji Othman, UniShama, Malaysia dan Dr. Sugeng Mashud, M.Kes, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia.

Juga kepada pembicara lainnya, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua peserta dan presenter konferensi.

Lebih lanjut kata Syamsul Haling, konferensi tentang Artificial Intelligence merupakan perkembangan baru dalam era 4.0 era global. Aplikasi ini telah banyak membantu para dosen dan mahasiswa untuk kegiatan penelitian, sehingga penyelenggaraan konferensi ini sangat penting dan sangat dibutuhkan guna mendapatkan banyak informasi tentang ilmu pengetahuan dan mampu memberikan konsep, ide, dan gagasan, serta solusi sebagai hasil penelitian. “Oleh karena itu, saya berharap agar semua perserta dan peresenter mengikui kegiatan ini sampai berakhir,”ujar Syamsul Haling.

Selain itu Syamsul Haling juga berharap agar kegiatan ini berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme dosen, mengeksplorasi perkembangan ilmu pengetahuan dan senantiasa menjalin kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan melibatkan semua ilmuan (multidisipliner) yang sangat dibutuhkan saat ini.

“Atas nama Pimpinan Universitas Muhammadiyah Palu, khusus Rektor Prof. Dr. H. Radjinra, S.E. M.M, atas pelibatan kampus Unismuh Palu, khususnya menempatkan kami sebagai co-pilot dalam konferensi internasional ini, semoga sukses,”sebut Syamsul Haling.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Hj. Surni Kadir, M.Pd.I menjelaskan, bahwa hari pertama konferensi diisi oleh pembicara baik dalam maupun luar negeri, sementara hari kedua berupa pemaparan artikel para dosen, termasuk dosen dari Unismuh Palu sebanyak 15 orang dan satu dari Untad Palu.

Dimana outputnya nanti akan berupa jurnal scopus, namun sebelum itu artikel yang sudah dipaparkan akan terlebih dahulu diseleksi oleh pihak Mukhlisina Research Center (MRC), yang lolos seleksi akan menjadi jurnal scopus. “Semoga semua artikel yang disampaikan dalam konferensi ini berlanjut menjadi artikel yang terpublikasi melalui jurnal scopus,”harap Surni Kadir. ENG

Sumber:https://sultengraya.com/read/179542/pascasarjana-unismuh-palu-gelar-seminar-internasional-ai/

Share :

Baca Juga

Berita

Unismuh Wacanakan Pendidikan Anti Korupsi Masuk Kurikulum

Berita

Unismuh Palu Buka Akses Pendidikan Bagi Warga Prasejahtera

Berita

Unismuh Palu Peringati Milad ke-40 dengan Olahraga Tradisional

Berita

FKM Unismuh Palu Bangun Kemitraan dengan FKM Universitas Gorontalo

Berita

Unismuh Palu, Kampus Swasta Terbaik Kedua di Sulteng Versi Webometrics 2021

Berita

KKN Tematik Pariwisata Angkatan 65 LPPM Unismuh Palu: Meninggalkan Jejak Kebaikan dalam Pengembangan Pariwisata Lokal

Berita

Inspirasi dari Mahasiswa Lomba UKM Talent Show, Momentum Perkembangan Kreativitas Kesenian Mahasiswa di Unismuh Palu

Berita

Tim Peneliti Unismuh Palu Gelar FGD Bahas Potensi Pengolahan Kayu Eboni