Home / Berita / Universitas

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:23 WIB

Unismuh Palu Lakukan Audit Internal

Wakil Rektor II Unismuh Palu, Dr. Burhanuddin, S.E., M.M saat memimpin jalannya Audit Internal di Fakultas Agama Islam (FAI). Foto: Dok Unismuh Palu

Wakil Rektor II Unismuh Palu, Dr. Burhanuddin, S.E., M.M saat memimpin jalannya Audit Internal di Fakultas Agama Islam (FAI). Foto: Dok Unismuh Palu

Universitas Muhammadiyah (UnismuhPalu telah memulai proses Audit Internal di lingkungan kampus dengan tujuan memperoleh informasi mengenai kondisi di setiap fakultas yang ada. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pengembangan akreditasi universitas.

Wakil Rektor II Unismuh Palu, Dr. Burhanuddin, S.E., M.M., menjelaskan bahwa audit ini mencakup semua bidang yang ada di fakultas-fakultas tersebut. “Sebagai Wakil Rektor II, fokus saya berada pada aspek keuangan, SDM, dan administrasi,” ujarnya pada Selasa (9/7/2024).

Burhanuddin menyebutkan bahwa aspek keuangan tidak akan menjadi tantangan besar karena universitas ini sudah menerapkan sistem sentralisasi. “Kami hanya perlu memastikan bahwa dana yang ditransfer ke fakultas digunakan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB),” jelasnya.

Namun, ia menekankan bahwa masih banyak catatan yang perlu diselesaikan terkait administrasi dan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya adalah mendorong dosen yang sudah lama berstatus asisten ahli untuk segera mengurus kenaikan pangkat. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menyelesaikan masalah keterlambatan pengurusan kenaikan pangkat.

Selain itu Burhanuddin juga menyampaikan pentingnya kesesuaian antara bidang keilmuan dosen dengan mata kuliah yang diajarkan. “Dosen yang mengajar di fakultas tertentu harus sesuai dengan bidang keilmuannya agar beban kerja dosen (BKD) dapat terpenuhi,” tambahnya.

Saat ini, empat fakultas telah diaudit, yakni Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam (FAI), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). Audit akan dilanjutkan ke fakultas lainnya dalam waktu dekat.

Audit ini merupakan bagian dari komitmen Unismuh Palu untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan. Burhanuddin menyatakan bahwa audit tidak hanya berfokus pada aspek keuangan, tetapi juga mencakup berbagai aspek lainnya yang berkontribusi terhadap akreditasi. Hal ini termasuk kurikulum, fasilitas, dan kinerja dosen serta staf administrasi.

Dalam proses audit, tim audit internal akan melakukan pemeriksaan mendalam dan menyeluruh terhadap berbagai dokumen dan proses yang ada di setiap fakultas. “Kami ingin memastikan bahwa semua prosedur dan kebijakan diikuti dengan benar dan konsisten,” kata Burhanuddin.

Selain itu, audit juga bertujuan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Dengan demikian, Unismuh Palu dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan di setiap fakultas.

Burhanuddin menambahkan bahwa partisipasi aktif dari seluruh civitas akademika sangat penting dalam proses audit ini. “Kami membutuhkan kerjasama dari semua pihak, baik dosen, staf, maupun mahasiswa, untuk memberikan informasi yang akurat dan relevan,” ujarnya. Lebih lanjut, hasil dari audit ini akan digunakan sebagai dasar untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pengembangan yang lebih efektif. “Kami akan menggunakan temuan-temuan dari audit ini untuk memperbaiki kelemahan dan mengoptimalkan kekuatan yang ada,” jelas Dr. Burhanuddin. 

Sumber:https://sultengraya.com/read/177886/unismuh-palu-lakukan-audit-internal/

Share :

Baca Juga

Berita

Civitas Akademika Unismuh Palu Salat Idul Fitri 1444 H di Kampus

Berita

Rektor: Magang dan KKN Kedepan Bisa 6 Bulan

Berita

Unismuh Palu Evaluasi Kinerja Tahun Akademik 2017/2018

Berita

Dosen Unismuh Palu Manfatkan Hari Sabtu Sebagai Sabtu Bersih

Berita

Unismuh Palu Tetapkan Wisuda Tatap Muka

Berita

Rektor Cup II 2024 Resmi Dibuka, Rektor Unismuh Palu Mengajak Untuk Menjunjung Sportivitas

Berita

Prodi  Ilmu Pendidikan Non Formal Unismuh Palu Raih Akreditasi “Baik Sekali”

Berita

Unismuh Palu, Menuju Kampus Bertaraf Internasional