Home / Berita / Universitas

Senin, 11 Desember 2023 - 09:22 WIB

Ketua PP Muhammadiyah Minta Kampus Unismuh Palu Dihijaukan

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Dadang Kahmad saat menyampaikan tausyiah Milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di Gedung Banua Kaili (GBK) H. Rusdy Toana kompleks Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Sabtu (2/12/2023). foto humas

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Dadang Kahmad saat menyampaikan tausyiah Milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di Gedung Banua Kaili (GBK) H. Rusdy Toana kompleks Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Sabtu (2/12/2023). foto humas

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Dadang Kahmad meminta kepada Pimpinan Universitas Muhammadiyah (, agar menghijaukan kampus itu dengan melakukan penanaman pohon, sebagai salah satu bentuk Ikhtiar Menyelamatkan Semesta.

Hal tersebut disampaikan saat hadir menyampaikan tausyiah Milad ke-111 Muhammadiyah tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di Gedung Banua Kaili (GBK) H. Rusdy Toana, kompleks Unismuh Palu, Sabtu (2/12/2023).

Katanya, sebagai  ikhtiar aktif menggalang gerakan perubahan iklim di tingkat global, Persyarikatan Muhammadiyah telah meluncurkan Muhammadiyah Climate Center (MCC) atau pada Jumat (17/11/2023).

Peluncuran MCC dilaksanakan di penghujung pembukaan forum lingkungan internasional, Global Forum for Climate Movement: Promoting Green Culture, Innovation, and Cooperation di Green Campus, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta.

Seremoni peluncuran MCC dipimpin oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir serta mengundang ahli seluruh dunia kumpul di Yogyakarta membahas masalah peruhan Iklim. “Insyah Allah, ini menjadi instrumen bagi gerakan baru (Muhammadiyah) menghadapi perubahan iklim untuk penyelamatan dunia,”sebutnya.

Untuk itu katanya, salah satu tugas warga muhammadiyah adalah melakukan penanaman pohon di tempat-tempat yang masih kurang, termasuk di dalamnya adalah tempat-tempat amal usaha, kampus-kampus,  Unismuh Palu termasuk di dalamnya. “Jadi Pak Rektor, dilakukan penghijauan,”pesan Prof Dadang.

Tidak hanya melakukan penghijauan, namun juga secara bertahap meminta untuk memanfaatkan panas bumi menghasilkan listrik. “Termasuk listriknya bertahap tidak lagi dari PLN tapi menggunakan Bio Solar. Kita menggunakan sinar matahari agar tidak boros enargi dan tidak mengotori udara,”ujar Prof Dadang.

Sekadar diketahui, “Ihtiar Menyelamatkan Semesta” adalah tema milad ke-111 Muhammadiyah. Tema milad ini berakar secara historis dalam pemikiran keagamaan, ideologi dan keorganisasian di Muhammadiyah yang mengalami pematangan dari waktu ke waktu.

Di usia ke-111 tahun, Muhammadiyah meneguhkan diri sebagai gerakan Islam yang telah melewati berbagai situasi dan telah menjadi pelopor di berbagai bidang kehidupan bangsa. Termasuk ikut mendirikan negara Republik Indonesia melalui niat tulus dan kerja tanpa pamrih dari para pimpinan, anggota, kader, dan penggerak amal usahanya.

Sumber:https://sultengraya.com/read/168524/ketua-pp-muhammadiyah-minta-kampus-unismuh-palu-dihijaukan/

Share :

Baca Juga

Berita

Dosen dan Mahasiswa Unismuh Terima Kouta Gratis dari Kemendikbud

Berita

Dosen Unismuh Palu Terima Satyalencana Karya Satya dan Kenaikan Pangkat di HUT RI

Berita

Rektor Dorong Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa

Berita

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jadi Pilot Project Penyusunan Dokumen POB

Berita

Rektor Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Unismuh Palu

Berita

Maksimalkan Perkuliahan Online, FKM Lakukan Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring

Berita

Mahasiswa FKM Unismuh Palu Lakukan PBL di Lokasi Bencana PASIGALA

Berita

PWI Sulawesi Tengah Gencar Bangun Sinergi dengan Perguruan Tinggi, Kunjungi Unismuh Palu