Home / Berita / Universitas

Senin, 6 November 2023 - 18:26 WIB

FAI Unismuh Palu Lepas 41 Mahasiswa PPL ke Sejumlah Instansi

Dekan FAI Unismuh Palu, Dr. Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd saat memberikan arahan kepada 41 peserta PPL yang mengikuti pembekalan di Aula FAI Unismuh Palu, Sabtu (4/11/2023).

Dekan FAI Unismuh Palu, Dr. Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd saat memberikan arahan kepada 41 peserta PPL yang mengikuti pembekalan di Aula FAI Unismuh Palu, Sabtu (4/11/2023).

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah ( kembali melepas 41 Mahasiswanya mengikuti program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di sejumlah instansi di Kota Palu.

Sebelum mereka ini dilepas, para mahasiswa tersebut mengikuti pembekalan di Aula FAI Unismuh Palu, Sabtu (4/11/2023). Dekan FAI Unismuh Palu, Dr. Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd dalam arahannya mengatakan, PPL ini adalah bagian penting dalam proses pendidikan di bangku perkuliahan.

Program ini akan mendorong kompetensi mahasiswa, sekaligus implikasi dari teori yang telah diterima seluruh mahasiswa selama beberapa semester di dalam kampus. Dimana syarat untuk mengikuti PPL mahasiswa harus menempuh bobot minimal 110 SKS sesuai dengan disiplin keilmuannya.

Dekan juga mengingatkan, bahwa terdapat tiga kompetensi yang harus dimiliki dan diperhatikan oleh peserta PPL yakni Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.

Kognitif berkaitan dengan pengetahuan (teori), pengetahuan inilah yang harus diaplikasikan dimana mereka ditempatkan. Afektif sendiri berkaitan dengan sikap dan prilaku, harus bisa menunjukan sikap yang baik, karakter yang baik dimana mereka ini di tempatkan, terakhir Psikomotorik berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak, melaksanakan intruksi atau perintah pamongnya di tempat mereka PPL.

“Intinya, peserta PPL harus memiliki dan memahami pengetahuan, mampu mengaplikasikan pengetahuannya dan disertai dengan sikap yang baik, karakter yang baik,”pesan Dekan.

Sementara itu, Ketua Panitia PPL, Abdul khalik S.Pdi., M.Pdi menguraikan, jika peserta PPL tahun ini sejumlah 41 orang, terdiri dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 29 orang, Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) 4 Orang, Hukum Ekonomi Syariah (HES) 3 orang, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 4 orang, dan  Ahwal Al-Syakhshiyyah (AI) 1 orang.

Para peserta PPL akan berada di lokasi selama 30 hari dan 10 hari berada di FAI Unismuh Palu. Adapun lokasi PPL mereka ini masing-masing 28 orang di sejumlah sekolah, di TK 4 orang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  1 orang, Pengadaian Syariah 1 orang, KUA 3 orang, Kantor Desa 1 orang, Yayasan Galang Bersama 1 orang, Tribun News 1 orang, dan UKBH UIN Dato Karama Palu, 1 orang.

Sumber:https://sultengraya.com/read/166817/fai-unismuh-palu-lepas-41-mahasiswa-ppl-ke-sejumlah-instansi/

Share :

Baca Juga

Berita

Prodi Hukum Unismuh Palu Raih Akreditasi “Baik Sekali”

Berita

Rektor: Magang dan KKN Kedepan Bisa 6 Bulan

Berita

Dua Dosen Unismuh Palu Lolos Seleksi Pendanaan Hibah Bima Kemendikbudristek Tahun 2023

Berita

Aptisi Sulteng Dorong Perguruan Tinggi Swasta Perbanyak Guru Besar

Berita

Unismuh Palu Akan Kebanjiran Doktor

Berita

Dosen Unismuh Palu Tingkatkan Kapasitas Sumber Daya Petani Lewat Riset

Berita

Unismuh Palu Tuan Rumah Silaturahmi Syawalan Keluarga Besar Muhammadiyah Sulawesih Tengah

Berita

Pastikan Tidak Ada Mahasiswa Siluman, Terapkan Simak