Home / Berita / Universitas

Rabu, 14 Juni 2023 - 13:03 WIB

Pansel Unismuh Palu Melaksanakan Tahapan Seleksi Calon Anggota Satgas PPKS

Tahapan seleksi calon anggota satuan satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seskual Unismuh palu. (13/06/2023). Foto Humas

Tahapan seleksi calon anggota satuan satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seskual Unismuh palu. (13/06/2023). Foto Humas

Palu, 13 Juni 2023 – Panitia Seleksi (Pansel) Universitas Muhammadiyah Palu (Unismuh Palu) dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah melaksanakan tahapan seleksi untuk calon anggota Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS). Tahapan seleksi ini merupakan bagian dari upaya Unismuh Palu dalam meningkatkan kualitas dan keunggulan dalam pencegahan kekerasan seksual di wilayah Palu dan sekitarnya.

Tahapan seleksi dilakukan dengan ketat dan profesional oleh tim Pansel yang terdiri dari para ahli dari Tenaga Kependidik (D0sen) dan  Mahasiswa. Proses seleksi mencakup beberapa tahapan penting, termasuk penilaian dokumen, wawancara, dan evaluasi kompetensi calon anggota Satgas PPKS.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes, menyampaikan, “bahwa rekrutmen anggota satuan tugas (satgas) PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) merupakan bagian penting dari proses pembentukan satgas tersebut. Proses rekrutmen melibatkan beberapa tahapan. Tahap kelima yang sedang berlansung ini adalah merekrut anggota yang akan menjadi bagian dari satgas PPKS dan bertugas sebagai anggota ppks. Setelah rekrutmen, anggota satgas PPKS ditetapkan Sesuai dengan surat keputusan Rektor Unismuh Palu, dan mereka melaporkan kegiatan mereka ke LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Daerah). sejak turun surat edaran dari kementrian dan ada 32 perguruan tinggi di wilayah 16  telah melakukan seleksi untuk anggota satgas PPKS. Namun, terdapat empat perguruan tinggi yang belum melaksanakan uji publik dalam seleksi mereka.

Beliau juga menambahkan, “Ketika masuk ke perguruan tinggi, terdapat Ivent Nasional. Dalam acara ini, ada proposal untuk seleksi skim riset dikti yang dikuti dengan persyaratan  yang harus dipenuhi adalah SK satgas PPKS, karena menjadi hal yang wajib bagi perguruan tinggi. InsyaAllah pada bulan September tahun 2023 tahun akademik 2023 Universitas Muhammadiyah Palu (Unismuh) berhasil lolos seleksi menerima program pertukaran Mahasiswa Merdeka dan ada 8 program studi yang telah terakreditasi dengan baik  dan baik sekali yang akan menerima pertukaran mahasiswa. Ini merupakan kabar yang sangat baik bagi angkatan ketiga yang berasal dari luar Sulawesi.

Satgas PPKS memiliki tugas pokok untuk melindungi seluruh mahasiswa yang berada di Unismuh Palu, tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di luar kampus. Jika sudah terlaksana pertukaran mahasiswa, anggota satgas juga harus memberikan perlindungan kepada mereka.

Saya berharap bahwa dalam proses seleksi ini, panitia lebih seleksi memilih dengan baik mereka yang memiliki komitmen. Jika terjadi sesuatu, seperti kasus kekerasan seksual, satgas akan melaporkannya ke lembaga yang berwenang, dan akan berkomunikasi dengan Badan Pembinaan Harian (BPH). Hal ini dilakukan agar masalah dapat diselesaikan dengan baik. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan dalam waktu dekat, di mana calon anggota Satgas PPKS yang lolos seleksi akan diumumkan secara resmi.

Unismuh Palu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam tahapan seleksi ini dan berharap semoga Satgas PPKS yang terbentuk nantinya dapat memberikan kontribusi signifikan dalam melindungi mahasiswa dari kekerasan seksual dan harapannya tidak ada terjadi semoga dan kita hanya bentuk satgasnya.

(HUMAS)

Share :

Baca Juga

Berita

DR. H. Rajindra Rum, Rektor Universitas Muhammadiyah Palu: “MDMC Luar Biasa…!!”

Berita

Program SABTU CERIA Fisip Unismuh Palu Diisi dengan Kajian Islam

Berita

Sivitas Akademika Unismuh Palu Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

Berita

Unismuh Palu Gelar Kuliah Umum Bersama Fadli Zon

Berita

Muhammadiyah dan Gerakan Pemberdayaan Petani di Masa Pandemi Covid-19

Berita

12 Dosen Unismuh Palu Lulus Serdos Gelombang Pertama Tahun 2022

Berita

Muhammad Amin Parakkasi Pimpin PW Muhammadiyah Sulteng

Berita

Pemkab Pasangkayu MoU dengan Unismuh Palu