Home / Berita

Minggu, 14 November 2021 - 13:55 WIB

LPPM UNISMUH PALU, Sosialisasikan Hibah Penelitian dan Pengabdian Simlimtabmas ke Fakultas

Tim Hibah Penelitian dan Pengabdian Simlimtabmas yang diketuai langsung Kepala LPPM Unismuh Palu, Dr. Muliadi S.H.,M.H saat melakukan sosialisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Palu.

Tim Hibah Penelitian dan Pengabdian Simlimtabmas yang diketuai langsung Kepala LPPM Unismuh Palu, Dr. Muliadi S.H.,M.H saat melakukan sosialisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Palu.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, mengubah strategi demi mendorong para dosen di kampus ini turun melakukan penelitian dan pengabdian dengan cara jemput bola, yakni turun ke fakultas-fakultas.

Setelah sebelumnya membentuk Tim Hibah penelitian dan pengabdian Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlimtabmas) yang diketuai langsung Kepala LPPM Unismuh Palu, Dr. Muliadi S.H.,M.H. Kini Tim tersebut turun melakukan sosialisasi ke setiap fakultas yang ada di kampus ini.

Dengan harapan melalui sosialisasi ke fakultas-fakultas itu, jumlah dosen yang terdorong turun melakukan penelitian maupun pengabdian semakin banyak. Pasalnya tim ini bukan hanya sekadar turun melakukan sosialisasi, melainkan juga sekaligus melakukan pendampingan penyusunan proposal guna memastikan kualitas dan kuantitas proposal.

Dr. Muliadi mengatakan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat bukan suatu hal yang harus dihindari oleh para dosen, melainkan justru sebaliknya itu adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh setiap dosen, karena itu adalah tuntutan dari Tri Dharma atau Catur Dharma bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Pasalnya dosen tidak hanya berkewajiban melakukan Pendidikan dan Pengajaran, melainkan juga berkewajiban melakukan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Setiap dosen harus dan wajib melakukan kewajiban itu, tidak boleh tidak, dan LPPM Unismuh Palu hadir di fakultas-fakultas untuk membantu dosen menuntaskan dua kewajiban mereka itu, yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,”ujar Muliadi, Selasa (7/11/2021).

Katanya, tim yang dipimpinnya itu memanfaatkan bulan November ini turun ke setiap fakultas mensosialisasikan hibah penelitian dan pengabdian Simlimtabmas, sambil melakukan pendampingan penyusunan proposal. Sehingga saat tiba waktu pengiriman proposal di Simlimtabmas di tahun 2022, proposal dosen telah siap untuk dikirim.

“Tidak boleh lagi tiba saat tiba akal, manfaatkan waktu sebaik-baiknya, mumpung masih panjang (kesempatan), ya kita turun ke fakultas sosialisasi mempersiapkan proposal, sehingga saat dibuka pengiriman kita tidak terburu-buru,”jelas Muliadi.

Ia melanjutkan, dengan cara seperti ini tidak ada lagi alasan bagi dosen untuk bermalas-malasan turun melakukan penelitian dan pengabdian, karena selain ada waktu yang panjang untuk mempersiapkan proposal juga mendapatkan pendampingan dari Tim LPPM.

Sumber: https://sultengraya.com/read/120909/lppm-unismuh-palu-sosialisasikan-hibah-penelitian-dan-pengabdian-simlimtabmas-ke-fakultas/

Share :

Baca Juga

Berita

Lembaga AIK di Minta Perkuat Pemahaman Islam Mahasiswa

Berita

BUiLD-Unismuh Palu Lakukan FGD Kebencanaan

Berita

Unismuh Palu Pastikan Tindak Lanjuti MoU yang Sudah Dirintis

Berita

Pemimpin Baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Berita

Wisuda Ke-51 Unismuh Palu Bakal Digelar 6 September 2021

Berita

Peserta KKN-Tematik Unismuh Palu Ditarik dari Buol

Berita

Jubir Kemenhan Isi Materi di Unismuh Palu

Berita

Rektor Unismuh Palu Izinkan LPPM Produksi JAHEMU