Home / Berita

Sabtu, 18 September 2021 - 13:31 WIB

Mahasiswi Unismuh Palu Keluhkan Kuliah Online

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia di awal tahun 2020 termasuk di Indonesia, membawa siklus perubahan yang turut menggeser model pembelajaran

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia di awal tahun 2020 termasuk di Indonesia, membawa siklus perubahan yang turut menggeser model pembelajaran

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia di awal tahun 2020 termasuk di Indonesia, membawa siklus perubahan yang turut menggeser model pembelajaran, baik dari aspek metode, pendekatan, teknik dan strategi.

Kondisi tersebut menuntut pendekatan berbasis teknologi dengan pemanfaatan berbagai platform media belajar yang bisa diakses di playstore maupun vendor-vendor aplikasi ternama seperti whatsaap, Facebook, dan semacamnya yang disebut Pembelajaran Daring.

Namun di tengah pergeseran model pembelajaran tersebut, membawa sejumlah dampak yang dialami oleh mahasiswa, diantaranya kejenuhan dana akses jaringan. Hal tersebut diutarakan oleh salah seorang Mahasiswi Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, slot Nur Asia, berasal dari Desa Bajugan, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli.

Katanya, pada awalnya masih antusias mengikuti perkuliahan atau pembelajaran daring,namun lama-kelamaan mulai terasa belajar daring  tidak efektif,  apalagi yang berdomisili di pedesaan seperti dirinya, pasti ada saja penghalang,baik itu jaringan maupun faktor lain sehingga mempengaruhi kehadiran dalam belajar.

Belum lagi harus sering membeli paket data, mahasiswa juga kadang kala kurang fokus dalam memahami teori yang di berikan oleh dosen, akibatnya banyak mata kuliah yang terbengkalai.“Awalnya saja antusias, tapi lama-kelamahan mulai terasa belajar daring  tidak efektif, apalagi kita yang tinggal di desa,”ujar Nur Asia. Kamis (16/9/2021).

Berbeda katanya jika PerkuliahanTatap Muka (PTM) mahasiswa hanya bisa fokus kepada dosen tanpa kendala apapun, baik itu jaringan atau hal lainnya sehingga belajarnya bisa lebih baik dan juga semangat karena ada teman-temannya.“Saya lebih suka PTM daripada online,karena kalau PTM bisa lebih fokus kuliah,”ujarnya lagi

Namun disisi lain katanya, pembelanjaran online ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.Diantaranya dapat mengurangi biaya transportasi, kemudian mahasiswa bebas mengikuti perkuliahan dimana saja tanpa dibatasi tempat dan ruang.

Sumber: https://sultengraya.com/read/117300/mahasiswi-unismuh-palu-keluhkan-kuliah-online/

Share :

Baca Juga

Berita

Unismuh Palu Gelar Pembekalan KKN Tematik Stunting dan Reguler Angkatan 64 Tahun 2023

Berita

Fisip Sosialisasikan Penerimaan Maba Unismuh Palu di Sirenja

Berita

Ombudsman RI Minta Fakultas Hukum Unismuh Palu Bentuk Pemantauan Pelayanan Publik

Berita

Tingkatkan Pengabdian, LPPM Bakal Bangun Kemitraan dengan MCI

Berita

Rektor Perintahkan Dekan dan Jajarannya Bendung Paham Radikal Masuk Kampus

Berita

Peserta Masta Diharapkan Jadi Pionir Muhammadiyah

Berita

Ma’had Thalhah bin Ubaidillah Lantik Pengurus Baru Organisasi Mahasiswa

Berita

LP2M Unismuh Palu Lakukan Pendampingan Penulisan Jurnal