Home / Berita

Kamis, 19 Agustus 2021 - 10:45 WIB

Rektor Unismuh Palu Ajak Isi Kemerdekaan dengan Hal Produktif

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE., MM

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE., MM

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE., MM mengajak seluruh civitas akademika mengisi kemerdekaan ke-76 tahun Republik Indonesia dengan hal produktif, melaksanakan tugas yang diemban secara maksimal, dibarengi akuntabilitas dan kepatuhan terhadap aturan-aturan hukum.

Rektor menuturkan, perjuangan kemerdekaan dilakukan para pendahulu bangsa dengan mengorbankan harta, fisik, dan mental. Selain perjuangan fisik ratusan tahun, kemerdekaan juga dicapai para pendahulu bangsa melalui perjuangan non-fisik yang tidak kalah berat

Oleh karena itu, mari kita isi kemerdekaan ini dengan bekerja sebaik-baiknya, jauh dari tindakan-tindakan yang melanggar etika dan aturan yang ada dimana tempat kita mengabdi,” ujar rektor. Selasa (17/8/2021).

Lanjut rektor, mengisi kemerdekaan katanya dapat dilakukan dengan menjalankan visi dan misi universitas sesuai peran dan tanggung jawab masing-masing. Hal ini diharapkan pencapaian tugas kampus biru Unismuh Palu sebagai lembaga pendidikan tinggi dalam mencetak sarjana-alumni berkuatlitas.

Tetapi akan terlihat sangat hambar apa bila para generasi muda atau mahasiswa hadir memperingati hari Kemerdekaan hanya sebatas seremoni saja. Tanpa mengambil makna dan nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

“Saat ini kita tengah menyambut peringatan ke-76 Kemerdekaan RI. Kemerdekaan ini tentunya didapat dengan perjuangan yang sangat panjang. Perjuangan tersebut tidak akan terlepas dari peran para pemuda-pemudi Indonesia,”sebut rektor.

Katanya, jika dilihat dari sejarahnya pemuda Indonesia memiliki peran penting, tidak hanya dalam merebut kemerdekaan, tapi juga berperan penting dalam mengisi Kemerdekaan. Sebab di tangan para pemuda itulah, masa depan bangsa Indonesia dipertaruhkan.

Untuk itu kata rektor, para generasi muda atau mahasiswa harus bisa mengisi kemerdekaan ini dengan hal positif, belajar lebih banyak, tangguh menghadapi tantangan zaman, terlebih saat ini adalah di masa-masa Covid-19.

Dalam situasi saat ini kata rektor, pemuda hendaknya menjadikannya  sebagai ajang pembelajaran dari para pendiri bangsa yang telah mewariskan spirit kebersamaan, gotong royong, ketangguhan, dan daya adaptasi yang telah teruji dalam menggapai Kemerdekaan.

Sumber: https://sultengraya.com/read/115072/rektor-unismuh-palu-ajak-isi-kemerdekaan-dengan-hal-produktif/

Share :

Baca Juga

Berita

Besok Unismuh Palu Akan Raker

Berita

Sabtu Ceria Unismuh Palu Diisi Kegitan Non Akademik

Berita

Unismuh Palu, Beri Keringanan Mahasiswa Bayar Uang Pembangunan dan UKT

Berita

Program Pertukaran Mahasiswa, Unismuh Palu Terima Dua Mahasiswa Filipina

Berita

Prof Rajindra : Satgas PPKS Ujung Tombak Pencegahan Kekerasan Seksual di Kampus

Berita

LPPM Unismuh Palu Kirim Mahasiswa KKN ke Ampibabo Promosikan Pariwisata

Berita

Unismuh Palu Jalin Kerjasama dengan UTK Thailand

Berita

Lantik Wakil Dekan Fekon Dan Fatek, Rektor Unismuh Palu Ingatkan Pemahaman Tupoksi