Home / Berita

Rabu, 4 Agustus 2021 - 13:12 WIB

Tingkatkan Budaya Penelitian Dan Pengabdian, LP2M Unismuh Palu Jemput Bola

 Kepala LP2M Unismuh Palu, Dr. Muliadi, SH., MH.

Kepala LP2M Unismuh Palu, Dr. Muliadi, SH., MH.

Rendahnya minat penelitian para dosen dua tahun terakhir di Kampus Biru Unismuh Palu, membuat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unismuh Palu mengubah strategi dengan cara turun ke fakultas-fakultas dan prodi yang ada di kampus ini.

Turun melakukan sosialisasi dan melakukan pembimbingan ke dosen-dosen untuk memicu kembali semangat penelitian para dosen yang sempat menurun. Mengingat satu tahun terakhir ini hanya satu proposal yang di loloskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, itupun adalah proposal pengabdian.

Di Bulan September 2021, Kementerian akan kembali membuka skim-skim penelitian dan pengabdian yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh dosen di kampus ini. “Kita akan gunakan strategi jemput bola, tidak lagi menunggu, namun turun ke fakultas dan prodi, ini yang harus kita lakukan,”ujar Kepala LP2M Unismuh Palu, Dr. Muliadi, SH., MH. Selasa (3/8/2021).

Katanya, jika jauh-jauh hari sudah turun ke fakultas dan prodi melakukan sosialisasi, paling tidak ada kesempatan para dosen menulis, semakin banyak jumlah proposal semakin bagus, sehingga saat kementerian membuka maka pihak LP2M sudah dapat memilah skim-skim hibah penelitian dan pengabdian mana yang dapat diambil oleh dosen-dosen itu.

Apalagi katanya, penelitian dan pengabdian kampus ini sudah naik klaster, dari klaster binaan ke klaster madya. Artinya budaya penelitian dan pengabdian seharusnya semakin baik dan meningkat dari sebelumnya. “Dorongan rektor begitu besar, seharusnya itu dijawab oleh para teman-teman dosen untuk turun melakukan penelitian dan pengabdian, karena memang itu adalah tuntutan Catur Dharma Perguruan Tinggi, selain AIK untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah,”sebutnya.

Kepala LP2M Unismuh Palu yang baru menjabat satu bulan terakhir itu, juga memastikan diri tidak hanya memacu dan meningkatkan kembali minat para dosen untuk turun melakukan penelitian dan pengabdian, melainkan juga akan memperluas jaringan mencari peluang-peluang yang dapat dikerjasama dengan LP2M Unismuh Palu.

Sehingga penelitian dan pengabdian tidak hanya bersumber dari kementerian dan internal Muhammadiyah, melainkan juga ada peluang yang dari lembaga lain, baik government maupun non government.

Sumber: https://sultengraya.com/read/114405/tingkatkan-budaya-penelitian-dan-pengabdian-lp2m-unismuh-palu-jemput-bola/

Share :

Baca Juga

Berita

Rektor Lakukan Pergantian Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kampus Unismuh Palu

Berita

Rektor: IMM Harus Ikuti Perkembangan Zaman dan Isu di Masyarakat

Berita

Lembaga Dunia Tempatkan Unismuh Palu Universitas Terbaik di Sulteng

Berita

POSKI II, Kontingen Unismuh Palu Raih Tiga Perak, Dua Perunggu

Berita

Muliadi : Unismuh Palu Dukung Program Pemerintah Turunkan Angka Stunting

Berita

Peningkatan Adaptasi Petani Sekitar Hutan Melalui Penerapan Sistem Agroforestry

Berita

KKN Internasional, Unismuh Palu Kirim Tiga Mahasiswa ke Filipina

Berita

Rektor Unismuh Palu: Penting Adanya Literasi Edukasi Kebencanaan Bagi Masyarakat